by

Pemprov DKI Selenggarakan Jakarta Travel Fair 2023 Di Surabaya

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar acara tahunan Jakarta Travel Fair (JTF) 2023 dalam rangka mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke Jakarta.

Kegiatan JTF sudah dilaksanakan di Palembang pada 18 sampai 22 Oktober 2023, menyusul kemudian akan dilaksanakan di Surabaya pada 1 sampai 5 November 2023 dan Lampung 15 hingga 19 November 2023.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini bertujuan untuk mempromosikan keunikan serta keragaman di DKI Jakarta sekaligus dalam rangka mendukung program Pemerintah Pusat BBWI – Bangga BerWisata di Indonesia dengan target Rp 1,4 miliar pergerakan wisatawan Nusantara.

“Pemprov DKI Jakarta sangat mendukung program Pemerintah Pusat BBWI – Bangga BerWisata di Indonesia dengan target Rp 1,4 miliar pergerakan wisatawan Nusantara. Untuk itu kami berharap Jakarta Travel Fair dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari daerah lain ke Jakarta, menikmati liburan di Jakarta saja,” ujar Andhika, Kamis (2/11).
Andhika menjelaskan, berbeda dari tahun sebelumnya dalam JTF 2023 ini Dinas Parekraf DKI Jakarta membuat terobosan baru dengan menggandeng asosiasi sektor pariwisata.

“Seperti Asosiasi Travel Agent Indonesia atau ASTINDO, yang sudah seringkali menyelenggarakan berbagai event travel fair agar jumlah kunjungan wisatawan ke DKI Jakarta dapat semakin meningkat,” ucapnya.

Andhika mengatakan, peserta JTF melibatkan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Jakarta dari lintas sektoral yakni, travel agent/tour operator, hotel, transportasi, pemandu wisata, destinasi wisata, maskapai penerbangan, toko suvenir, perajin batik, dan sebagainya, yang akan memberikan harga khusus selama pameran ini.

Para travel agent akan memperkenalkan paket-paket wisata unik dan baru seperti 46 rute walking tour, door to door package, student program, island hopping, dan lain-lain.

“Tentunya dalam pameran ini akan ada penawaran dengan harga spesial untuk paket-paket wisata unik dan baru seperti 46 rute walking tour, door to door package, student program, island hopping dan lain-lain,” katanya.

Pada kesempatan itu, Andhika menyampaikan, Pendapatan Asli Daerah Provinsi DKI Jakarta di sektor Hotel, Restoran dan Hiburan sampai 18 September 2023 sudah hampir memenuhi target dengan pencapain sebesar Rp 4,732 trilun dari target APBD 2023 yaitu senilai Rp 5,8 triliun.

“Dinas Parekraf DKI Jakarta berharap Jakarta Travel Fair dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari daerah lain ke Jakarta, untuk menikmati liburan di Jakarta saja,” tandasnya.

Sebagai infomasi, sejumlah pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Jakarta dari lintas sektoral turut berpartisipasi dalam acara ini seperti travel agent/tour operator, hotel, transportasi, pemandu wisata, destinasi wisata, maskapai penerbangan, perajin batik, UMKM kuliner khas Jakarta Kerak Telor dan sebagainya.

Sejumlah maskapai penerbangan juga turut serta mendukung kegiatan JTF 2023 melalui pemberian doorprize tiket dan promosi harga khusus selama pameran seperti, Citilink, Garuda, Lion Group (Batik Air, Lion Air, Super Air Jet, Wings Air), dan Pelita Air.

Selain itu, ada banyak penawaran menarik untuk berwisata ke Jakarta antara lain, paket walking tour dan menginap di Jakarta dengan harga hanya Rp 999.000. Ada diskon 50 persen untuk tour Asha Beach Club & Resort dan Wahana Ancol buy one get one.

Selain itu juga ada promo Jakcation seharga Rp 299.000, dengan menginap satu malam dan mendapat voucher makan di Restauran yang berada di Area Old Shanghai Sedayu City di Kelapa Gading, Jakarta Utara dan city tour eksklusif yaitu berkunjung ke Taman Mini dan Ancol.

Ditambah lagi ada acara Student Trip, Door to Door Jakarta Tour, dan melengkapi perjalanan, wisatawan dapat berkunjung ke Pulau Seribu, seperti Pulau Tidung selama empat hari tiga malam.

Dalam rangkaian kegiatan JTF 2023 ini juga akan diselenggarakan kegiatan corporate gathering, destination presentation, business networking untuk memberikan kesempatan bagi peserta pameran dari Jakarta menginformasikan tentang kemajuan, keanekaragaman, keunikan kota Jakarta, agar dapat dipertimbangkan menjadi destinasi pilihan untuk perjalanan korporasi, sekolah, dinas, BUMD, serta masyarakat di di luar Jakarta.

Tercatat sejumlah bank juga ikut serta dalam JTF 2023 seperti Bank DKI, BCA, BNI, BRI dan Mandiri dengan memberikan dukungan berupa potongan harga sebesar Rp 300.000 untuk minimum pembelanjaan Rp 3.000.000 dan bonus-bonus seperti e-money. Selain itu, ada paket untuk kuliner eksklusif, makan di restoran fine dining di Resto Kunstkring dan Sky Roof Top Menara BCA.

Perusahaan telekomunikasi dengan jaringan terkuat seluruh Indonesia – Telkomsel, juga turut berpartisipasi dalam event JTF 2023. Dinas Parekraf DKI Jakarta turut memboyong Abang dan None Jakarta sebagai duta pariwisata DKI Jakarta.

Kegiatan JTF 2023 di Tunjungan Plaza 3 juga akan dimeriahkan oleh Nabila Taqqiyah Idol dan Rony Parulian Idol Serta penampilan band lokal Klantink dan penampilan dari Tim Kesenian SMPI dan SDI Alazka Surabaya.

210