Pelaksanaan Program Pendataan Keluarga 21 (PK21) di Kecamatan Tambun Selatan

Berita Bekasi. OLNewsindonesia.,Jum’at(32/04/21)

Pemerintah Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi siap menyambut para petugas Pendataan Keluarga 2021 Kabupaten Bekasi dalam program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang sudah mulai serentak dilaksanakan secara nasional sejak 1 April – 31 Mei 2021.

Masyarakat Kabupaten Bekasi bakal menjadi sasaran Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam menjalankan program Pendataan Keluarga 2021 atau yang dikenal pula dengan sebutan PK21 tersebut.

Menurut Camat Tambun Selatan, Junaefi, S.Stp, Msi, bahwa selain mendorong pembentukan satu data keluarga Indonesia, program itu diharapkan juga menjadi dasar kebijakan peningkatan dan pemerataan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat Indonesia.

“Pendataan rutin yang dilaksanakan secara serentak oleh BKKBN setiap lima tahun sekali ini merupakan kegiatan pengumpulan data-data terkait pembangunan keluarga, kependudukan, keluarga berencana, dan anggota keluarga,” ujarnya. ( Jumat 30-4-2021 )

“Pelaksanaan program itu sendiri merupakan wujud dari amanat UU 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga dan Peraturan Pemerintah nomor 87 tentang Perkembangan Kependudukan, Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana, dan Sistem Informasi Keluarga,” jelasnya.

PK21, terang Junaefi, merupakan pendataan yang dilakukan bersama dengan tenaga dari masyarakat, melalui kunjungan dari rumah ke rumah.

“Petugas pengumpul data yang terdiri dari unsur pemerintah dan masyarakat itu adalah Petugas Lini KB dan Kader Keluarga Berencana terlatih yang berasal dari lingkungan RT/ RW tempat keluarga tinggal, Pendataan Keluarga 2021 dijalankan dengan metode sensus.ungkapnya

Junaefi juga menghimbau agar semua keluarga di wilayah Tambun Selatan ikut berpartisipasi demi suksesnya program PK21 dengan memberikan data yang diminta oleh para petugas.ujarnya

Petugas pendataan akan menunjukkan kartu resmi dan mendatangi rumah para keluarga dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. dan data yang dikumpulkan oleh petugas PK21 berupa semua aspek kehidupan keluarga, mulai profil pasangan usia subur, keluarga dengan balita, keluarga dengan lanjut usia (lansia), keluarga berisiko stunting, hingga keluarga dengan remaja.
Efendi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *