Kabupaten Bekasi Banyak Dilirik Investor Asing

Berita Bekasi. OLNewsindonesia.Kamis(27/05/21)

Kabupaten Bekasi menjadi primadona investor asing. Sebanyak 1.950 proyek terealisasi di Kabupaten Bekasi sepanjang 2021. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.386 merupakan proyek investor asing dan 582 di antaranya proyek dari penanaman modal dalam negeri.

Kabupaten Bekasi menjadi daerah investasi tertinggi se-Jawa Barat yang memiliki realisasi penanaman modal mencapai Rp13,45 triliun hingga triwulan pertama 2021.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bekasi Sutia Resmulyawan mengatakan
“Ini menjadi nilai positif di mana Kabupaten Bekasi masih dipercaya para investor untuk menanamkan modalnya,” ujarnya

Menurutnya, perekonomian di wilayah Kab Bekasi mulai berkembang meski masih di tengah masa pandemi COVID-19. Hal itu disebabkan karena kondusifitas iklim investasi yang membuat para investor masih percaya untuk menanamkan modal investasinya di Kabupaten Bekasi mencapai 36,23 persen dari total penanaman modal di Jawa Barat pada triwulan pertama 2021 yakni Rp37,1 triliun.ujarnya

Setelah Kabupaten Bekasi, realisasi investasi tertinggi berikutnya berada di Kabupaten Karawang sebesar Rp7,6 triliun atau 20,6 persen dari total investasi di Jawa Barat dan Kota Bandung sebesar Rp6,3 triliun atau 16,9 persen.

Dia menyatakan, investasi di Kabupaten Bekasi masih didominasi sektor penanaman modal asing yakni mencapai Rp 11,6 triliun. Sedangkan realisasi penanaman modal dalam negeri sebesar Rp1,8 triliun.

Belasan triliun rupiah investasi itu tercipta dari sebanyak 1.950 proyek yang terdiri atas 1.368 proyek investor asing serta 582 proyek dari penanaman modal dalam negeri.

“Selain nilai penanaman modal ini, sisi positifnya bagi daerah karena dari realisasi investasi ini terserap tenaga kerja. Dari data yang kami terima, setidaknya ada 6.732 tenaga kerja yang terserap dari ribuan proyek ini,” ujarnya.

Tingginya realisasi investasi di Kabupaten Bekasi, kata dia, berasal dari industri di bidang otomotif yang menyumbang hingga Rp7,86 triliun. Disusul sektor perumahan, kawasan industri, dan perkantoran sebesar Rp1,6 triliun, industri makanan sebesar Rp1,3 triliun, dan sejumlah sektor lainnya.

Kemudian, dari sisi tenaga kerja, industri logam, mesin, dan elektronika paling banyak menyerap karyawan. Sedikitnya 4.475 tenaga kerja berhasil diserap setidaknya hingga triwulan pertama 2021 disusul sektor makanan dengan 692 tenaga kerja, dan otomotif sebanyak 684 tenaga kerja.ujarnya

(Efendi hutabarat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *