by

Peresmian Kantor Desa Wermatang Kecamatan Wermaktian Oleh Sekda Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB)

Maluku, OLNEWSINDONESIA. – Pekerjaan pembangunan Kantor desa Wermatang oleh masyarakat desa Wermatang kurang lebih 8 Tahun hingga selesai di bangun dan di resmikan pada Tanggal (23/10/ 2017) dengan melibatkan seluruh masyarakat Desa Wermatang, yaitu lewat swadaya masyarakat akhirnya dapat di resmikan oleh Sekda Maluku Tenggara Barat Piterson Rangkoratat. SH dapat berjalan dengan baik.

Hasil Pantauan OLNEWSINDONESIA Senin (23/10/2017) terkait sambutan pertama oleh kepala Desa Wermatang Jeheskel Kore mengatakan bahwa”Selesainya Proses pembangunana kantor desa wermatang adalah budaya gotong Royong dan partisipasi masyarakat yakni swadaya murni yang di nilai sebesar 55 juta rupiah. Swadaya masyarakat ini terdiri dari pasir, batu, kayu dan tenaga kerja, dapat di laporkan bahwa pembangunan kantor desa wermatang di alokasikan pada anggaran pendapatan dan belanja desa APBDES dari Tahun 2009 sampai dengan Tahun 2016 sebesar dua ratus dua puluh satu juta lima ratus empat puluh delapan ribu rupiah.”

“Bahwa pelaksanaan pembangunan kantor desa wermatang selama 8 tahun ini karena pendapatan asli desa yang sangat tinggi akhirnya kantor desa wermatang ini dapat di selesaikan karena dana desa dan alokasi dana desa sejak tahun 2015, Kades Wermatang mengatakan bahwa harus kami akui bahwa kami tidak di bantu oleh pemerintah provinsi Maluku dan pemerintah daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat seperti desa desa lain di Kabupaten MTB.”

“sekarang ini masyarakat desa wermatang tidak di sebut sebagai desa terpencil atau terisolir karena dengan di bukanya jalan trans ilngei batuputih kami telah menikmatinya dan sekaligus mendorong jalanya pembangunan desa oleh karena itu kami meminta kepada Bapak Bupati Maluku Tenggara Barat untuk membantu kami yaitu Pertama : dapat di bangun SMP Negeri Satu atap di Desa Wermatang yang belum memiliki Gedung untuk proses belajar bagi anak anak di Desa wermatang dalam mengenyam pendidikan, Kedua : Bantuan untuk penyelesaian Gedung Gereja Baru Ketiga : Pembangunan Rumah Layak Huni untuk masyarakat desa wermatang. “

Pantauan OLNEWSINDOBESIA sambutan kedua di sampaikan oleh Sekda Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB). Piterson Rangkoratat. SH sekaligus meresmikan Kantor Desa Wermatang.

” pembangunan kantor desa yang saat ini di resmikan bahwa sesungguhnya merupakan suatu program pemerintah desa yang harus kita beri apresiasi karena prioritas pembangunan yang ada di negeri ini ternyata lebih di arahkan pada pembangunan sarana dan prasarana pendukung penyelenggaraan tugas tugas pemerintahan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat sala satunya dengan membangun sebuah kantor desa yang sangat megah dan cukup representatif untuk di jadikan tempat bekerja untuk melayani masyarakat. “

” Terkait dengan Sambutan kepala desa bahwa tidak ada kontribusi dari pemerintah daerah terhadap pembangunan kantor desa tetapi pada kesempatan ini perlu kami tegaskan bahwa setiap tahunya pemerintah daerah mengalokasikan 10% dari dana alokasi umum (DAU) yang di terima oleh pemerintah daerah yang telah di bagi dengan pajak dan retribusi daerah mengalokasikan 10% kepada semua desa yang ada di kabupaten Maluku Tenggara Barat dan mungkin itu merupakan bahagian dari kontribusi pemerintah daerah untuk pembangunan yang ada di desa desa termasuk desa wermatang. “

” Kemudian terhadap permohonan yang di sampaikan pemerintah desa agar menjadi perhatian untuk pemerintah daerah yaitu : pembangunan gedung SMP 1 atap desa Wermatang, Pembangunan Gedung Gereja Baru, dan pembangunan perumahan layak huni. Saat ini kami pemerintah daerah telah mendengar dan kami akan tetap melaksanakan sesuai dengan pertimbangan – pertitimbangan.”

Kesan yang paling berharga dari pribadinya sekaligus kapasitasnya sebagai Sekda Maluku Tenggara Barat Piterson Rangkoratat. SH mengatakan, saya baru pertama kalinya datang di desa Wermatang sangat terkesan dengan perkembangan dan kemajuan desa wermatang, begitu cepat terjadi bahwa saat ini jalan darat pada Tahun Tahun sebelumnya tidak terakses saat ini namun saat ini telah di nikmati manfaatnya. Sudah bisa di akses dengan mobil masuk sampai di desa Wermatang, dan ini merupakan intervensi Pemerintah Daerah terhadap pembangunan jalan Trans Ilngei batuputih yang sudah boleh di nikmati oleh Seluruh Masyarakat saat ini. (NFB)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.