by

Bogor Timur Di Mata H. Irwan Kurniawan

Cileungsi Bogor, OLNEWSINDONESIA.

Pemekaran wilayah dipandang sebagai sebuah terobosan untuk mempercepat pembangunan melalui peningkatan kualitas dan kemudahan memperoleh pelayanan bagi masyarakat. Pemekaran wilayah juga merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kemampuan pemerintah daerah dalam memperpendek rentang kendali pemerintah sehingga meningkatkan efektifitas penyelenggaraan pemerintah dan pengelolaan pembangunan.

Seperti yang sudah diberitakan beberapa kali oleh team redaksi OLNEWSINDONESIA, bahwa saat ini Presidium Bogor Timur sedang berusaha keras agar Bogor Timur bisa secepatnya menjadi Kabupaten Bogor Timur.

Kepada OLNEWSINDONESIA H. Irwan Kurniawan, ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia ( ICMI ) Bogor Timur, ketua Dewan Masjid Indonesia ( DMI ) Kabupaten Bogor dan ketua STIE Kalpataru Kampus B Cileungsi juga ikut berkomentar untuk Bogor Timur. Untuk melihat perkembangan suatu daerah pemekaran, diperlukan adanya perbandingan kinerja daerah tersebut sebelum dan sesudah pemekaran. Dari hal ini akan terlihat, apakah terjadi perubahan (kemajuan) yang signifikan pada suatu daerah setelah dimekarkan. Pendekatan semacam ini dapat dianggap kurang tepat bila tidak ada pembanding yang setara. Di samping itu, perbandingan dapat dilakukan antara daerah induk dan DOB sehingga dapat dilihat bagaimana dampak yang terjadi di kedua daerah tersebut setelah pemekaran. Perbandingan juga dilakukan terhadap perkembangan rata-rata daerah kabupaten/kota dalam satu propinsi yang sama. Hal ini dimaksudkan untuk melihat secara umum kondisi daerah DOB, daerah induk. maupun daerah sekitarnya.

Pria kelahiran Bogor 43 tahun silam ini menambahkan, “Bogor Timur sudah layak untuk menjadi Kabupaten karena sudah memiliki beberapa aspek diantaranya : kinerja perekonomian daerah, kinerja keuangan daerah, kinerja pelayanan publik serta kinerja aparatur pemerintah daerah.”

” Pada dasarnya, pemekaran daerah di Indonesia di bentuk dengan tujuan meningkatkan pelayanan untuk masyrakat. Dengan adanya pemekaran daerah di harapakan setiap kebutuhan masyarakat yang harus di penuhi oleh pemerintah dapat di identifikasi dan terkoordinir dengan baik sesuai dengan potensi masing-masing. Namun jika dilihat dari konsepnya, peran pemerintah daerah adalah memberikan pelayanan masyarakat, karena dia merupakan unit yang terdekat dengan masyarakat kesalahan bukan terletak dari kebijakan yang ada, namun lebih kepada kinerja para aparatur yang tidak melaksnakan tugasnya sesuai dengan ketentuan.” tutur Irwan kepada awak media OLNEWSINDONESIA

Imbuh Irwan kepada OLNEWSINDONESIA saat ditemui dikantornya Universitas Kalpataru Cileungsi, Bogor Timur pantas menjadi Kabupaten dikarenakan sudah berdirinya pabrik-pabrik yang memang menjadi kontribusi paling besar ke wilayah Pemerintah Daerah. Sudah berdirinya Pusat perbelanjaan di kawasan yang memang salah satunya adalah yang memenuhi syarat untuk menjadi Kabupaten. Belum lagi gedung gedung bertingkat yang akan segera berdiri di kawasan Gunung Puteri dan Cileungsi. saya rasa itu semua sudah cukup memenuhi persyaratannya. (INK/ELLO)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.