Insulin Dalam Bentuk Tablet Berhasil Dikembangkan

Berita Kesehatan, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pasien diabetes tipe 1 perlu menyuntikkan insulin ke dalam tubuh beberapa kali sehari yang merupakan proses yang menyakitkan dan berisiko. Namun peneliti dari University of British Columbia telah berhasil memproduksi insulin dalam bentuk tablet yang akan mengurangi risiko tersebut di atas.

Dalam tes yang dilakukan pada tikus laboratorium, 100% insulin dalam bentuk tablet berhasil dikirim ke hati tanpa masuk ke perut. Tablet tidak ditelan tetapi diletakkan di antara gigi dan pipi. Insulin akan diserap dari pipi langsung ke dalam tubuh dalam waktu 30 menit. Kemudian efektif selama empat jam.

Insulin dalam bentuk tablet dikembangkan oleh Dr. Anubhav Pratap-Singh setelah melihat ayahnya penderita diabetes harus menyuntik dirinya sendiri selama satu dekade. Selain mempermudah hidup pasien, insulin dalam bentuk tablet akan mengurangi biaya dan juga mengurangi sisi plastik dan jarum suntik yang tidak mudah larut.

Keberhasilan masih pada tikus laboratorium tetapi para peneliti sekarang ingin mulai mengujinya pada manusia untuk melihat seberapa efektifnya. Laporan studi tersebut dipublikasikan di jurnal Nature .

Sumber : Medical Express

210