by

GAK-LPT Berikan Surat Dukungan Kepada Polda Metro Jaya Untuk Selidiki Pemerasan Terhadap Mantan Menteri SYL

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Gerakan Anti Korupsi Lintas Perguruan Tinggi (GAK-LPT) memberikan surat dukungan kepada Polda Metro Jaya untuk melakukan penyelidikan dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) oleh FB. Surat dukungan diberikan oleh Delegasi GAK LPT, dipimpin Noor Cholis kepada Aspridir Ditreskrimsus Polda Metro Jaya pada Selasa 7 November 2023.

Isi Surat :

Kepada Yth.
Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya
di tempat

Dengan hormat,

Kami, Gerakan Anti Korupsi Lintas Perguruan Tinggi (GAK-LPT) , dengan ini menyatakan dukungan penuh terhadap upaya Polda Metro Jaya dalam mengusut dugaan pemerasan yang dilakukan terhadap mantan MenteriPertanian Syahrul Yasin Limpo. Kami menganggap tindakan ini sangat penting untuk menjaga integritas dan kredibilitas lembaga penegak hukum serta memerangi korupsi yang merupakan ancaman serius bagi kemajuan dan kesejahteraan negara, bangsa dan rakyat Indonesia.

Pemerasan yang dilakukan oleh aparat hukum pemberantas korupsi merupakan bentuk korupsi yang sangat luar biasa dan sangat tercela. Kami percaya bahwa tugas Polda Metro Jaya untuk menyidik dugaan korupsi tersebut akan dilakukan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan hukum dan aturan yang berlaku. Semua pihak, termasuk pejabat negara, harus tunduk pada hukum dan proses hukum yang berlaku, tanpa pengecualian. Upaya untuk memberantas korupsi harus dilakukan secara adil, transparan, dan akuntabel.
Terlebih lagi setelah melihat reaksi terduga FB yang sudah beberapa kali menghindar dari pemeriksaan, yang patut diduga sebagai langkah ‘buying time’ untuk menyembunyikan ataupun menghapus jejak, bukti dan mengeleminir saksi-saksi. Oleh karena itu kami mendesak Polda Metro Jaya untuk sesegera mungkin memanggil dan menjemput secara paksa kepada terduga FB, sesuai KUHAP.

Kami berharap juga, Polda Metro Jaya akan menjalankan penyidikan ini dengan sungguh-sungguh, tanpa adanya tekanan atau intervensi dari pihak mana pun. Kami juga menginginkan agar proses ini menjadi contoh bagi upaya pemberantasan korupsi di lembaga pemberantasan korupsi. Setelah penanganan kasus ini, kami berharap agar Polda Metro Jaya membuka kasus-kasus lain yang melibatkan Komisioner KPK, tetapi belum menjalani proses hukum seperti:

  1. Dugaan penerimaan gratifikasi tiket MotoGP oleh Lili Pintauli Siregar.
  2. Komunikasi Johanis Tanak dengan pejabat ESDM pada saat penggeledahan di ESDM oleh penyidik KPK,
  3. Dan lain-lain

Dukungan terhadap penanganan dugaan pemerasan terhadap SYL ini bukan berarti kami mengatakan bahwa kasus SYL adalah proses kriminalisasi. Kami tetap mendukung agar kasus SYL ditangani dengan baik oleh KPK, dan semua yang terlibat diproses secara adil, transparan, dan akuntabel.

Demikianlah surat pernyataan dukungan ini kami buat dengan sejujurnya. Kami berharap agar proses hukum dapat berjalan dengan lancar, dan keadilan dapat ditegakkan. “Biarlah langit runtuh, asalkan keadilan tetap tegak; jangan biarkan Indonesia runtuh, karena keadilan patah terpecah-belah”

Indonesia, 7 November 2023
Hormat kami, a.n. GAK-LPT

Noor Cholis
Narahubung :
Indra (HP : 0877 8709 7529) 2. EB. Prasetyo (HP : 0878-8693-9399)

210