Disbud DKI Siapkan Pentas Seni Budaya Meriahkan HUT Ke-55 TIM

BERITA, JAKARTA14 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dinas Kebudayaan (Disbud) DKI Jakarta bakal menyelenggarakan pentas seni budaya dalam rangka memperingati HUT ke-55 Taman Ismail Marsuki (TIM), mulai 8-12 November 2023.

Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Wardhana mengatakan, pihaknya bersinergi dengan Institut Kesenian Jakarta (IKJ), PT Jakarta Propertindo, Dewan Kesenian Jakarta dan berbagai stakeholder lainnya dalam penyelenggaraan pentas seni budaya yang berlangsung selama lima hari tersebut.

“Perayaan HUT ke-55 TIM mengusung tema, TIM Ruang Bersama Dalam Cipta dan Karya, merupakan bentuk upaya untuk mempertegas keberadaan Taman Ismail Marzuki sebagai ruang para seniman untuk menghasilkan karya seni yang berkualitas dan menciptakan ekosistem seni budaya yang lebih harmonis dan kondusif,” ujar Iwan Wardhana, di TIM, Jalan Cikini Raya, Kelurahan Cikini, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (6/11).

Ia memaparkan, perayaan HUT TIM akan diisi berbagai acara di antaranya, live music dan mural, pergelaran seni budaya ludruk dan lenong, pameran seni rupa inklusif, pameran koleksi TIM, penampilan artis ibu kota, dan gratis makanan khas Jakarta, Cikini Festival, orkestra, pidato kebudayaan William Wongso, solo performance pianist Jefri Setiawan, Planetarium Mini, dan bazar UMKM.

“Kami akan mengundang Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono dalam perayaan HUT ke-55 TIM. Pentas seni budaya yang berlangsung selama lima hari dan tidak dipungut biaya,” katanya.

Ia mengungkapkan, eksistensi Taman Ismail Marzuki sampai dengan saat ini tentunya tidak terlepas dari dukungan semua pihak. Untuk itu, kehadiran masyarakat sangat dinantikan dalam perayaan HUT ke-55 TIM.

“Harapannya agar Taman Ismail Marzuki dapat menjadi pusat seni dan budaya yang berkelanjutan, inklusif, dan bermanfaat bagi masyarakat Jakarta dan Indonesia secara keseluruhan. TIM memiliki potensi besar untuk terus menginspirasi, mendidik, dan mempromosikan seni dan budaya,” tandas Iwan.

Sementara Ketua Dewan Kesenian Jakarta, Bambang Prihadi menambahkan, pihaknya mengapresiasi digelarnya pentas seni budaya menyambut HUT ke-55 TIM yang melibatkan banyak pihak.

“Semua pihak terlibat dalam penyelenggaraan pentas seni budaya menyambut HUT ke-55 TIM termasuk komunitas seni yang ada di Taman Ismail Marzuki. Jadi, ini perayaan semua,” tandasnya.

210