Pemkab Karo Sosialisasikan Aplikasi Sinovda Yang Digagas Oleh Pemerintah Provinsi Ke Perangkat Daerah

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Aplikasi Sinovda (Sistem Informasi Inovasi Daerah) yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara telah direplikasi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo menjadi aplikasi Si Indah KaKa berdasarkan surat Kepala Badan Perencanaan, Penilitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara tanggal 20 Pebruari 2023 nomor 000.72/478/Bappelitbang VI/2023 perihal persetujuan Replikasi Aplikasi Sinovda.

Aplikasi SindahKaKa (Sistem Inovasi Daerah Kabupaten Karo) bertujuan untuk menginventaris, mengumpulkan dan menjaring inovasi Kabupaten Karo dan memudahkan dalam menghimpun dokumen – dokumen yang dibutuhkan dalam mengikuti perlombaan Innovative Goverment Award (IGA), lomba inovasi Daerah Provinsi Sumatera Utara dan lomba Inovasi Daerah Kabupaten Karo. Selanjutnya aplikasi SiindahKaKa akan disosialisasikan kepada Perangkat Daerah dan UPT Perangkat Daerah dan sudah diterapkan dalam Pengelolaan Inovasi Daerah Kabupaten Karo.

Aplikasi Erlajar Karo merupakan aplikasi yang dikembangkan sebagai aplikasi pembelajaran/literasi muatan lokal atau segala hal yang berkaitan dengan Karo, seperti Tari Karo, Bahasa Karo, Adat Istiadat Karo, Pusaka Karo, Tempat Wisata Karo dan lain – lain. Masyarakat yang memiliki bakat menjadi konten Kreator dapat berpartisipasi sebagai kontributor konten muatan lokal Karo dalam rangka melestarikan muatan lokal Karo.

Bagi yang berminat menjadi konten Kreator muatan lokal konten Karo dapat menyampaikannya dengan mengakses dan login ke aplikasi Erlajar Karo terlebih dahulu di link http//erlajar.karokab.go.id. Konten muatan lokal yang layak menurut Moderator Konten, akan dipublikasikan pada aplikasi Erlajar Karo dan dapat dibaca oleh siapa saja. Akhir tahun akan dievakuasi, konten muatan lokal yang terbaik akan diberikan penghargaan yang pantaspantas.

(David – rell)