Cory Sebayang : Kita Semua Saling Memberi Bimbingan Saran Dan Masukan Bagi Pemkab Karo

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemerintah Kabupaten Karo dalam hal ini Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang didampingi Forkopimda Karo hadir di dalam acara Kunjungan Konfirmasi Hasil Penilaian Kinerja Stunting Kabupaten Karo Tahun 2023 bertempat di Aula Kantor Bupati Karo. Jumat (31/05.2024).

Penurunan tingkat prevalensi Stunting di Kabupaten Karo merupakan kinerja upaya Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Karo, dengan 8 aksi konvergensi penurunan stunting serta membuat program Best Practice pada level Kabupaten, Kecamatan dan Puskesmas baik secara spesifik dan sensitif kepada kelompok sasaran remaja putri, calon pengantin, Ibu hamil, Ibu menyusui dan anak berusia 0-59 bulan.

Program Best Practice yang dilakukan antara lain pemberian Sembako gizi kepada Balita stunting tetapi kurang mampu, pemberian PMT berbasis pangan lokal, edukasi ke calon pengantin dan Ibu hamil tentang stunting. TPPS bergandengan tangan dan berkolaborasi dengan Forkopimda, Tokoh/Lembaga Agama, Kepala Sekolah, foundation serta CSR yang masing – masingnya berkontribusi dalam penurunan stunting.

Untuk manajemen data telah dibuat Aplikasi SIPESIKAP STUNTING (Sistem Terintegrasi Perencanaan Konvergensi Pelaksanaan dan Pemantauan Penurunan Stunting) yang bertujuan memperkaya sumber data indikator stunting, pensasaran penerima manfaat, informasi sebaran stunting, program kegiatan, agenda kegiatan serta kegiatan mulai dari perencanaan pelaksanaan dan pemantauan penurunan stunting

“Kami berharap dalam pertemuan ini kita semua bisa saling memberi bimbingan saran dan masukan bagi Pemerintah Kabupaten Karo agar kesiapannya mampu berkinerja lebih bagus dalam mewujudkan Karo “Mantaps” Karo maju tanpa stunting.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada TPPS Kabupaten Karo dan semua unsur Lembaga yang telah mendukung penurunan stunting di Kabupaten Karo, mari dengan kolaborasi kita bisa turunkan angka stunting untuk menciptakan generasi emas Kabupaten Karo, dimana stunting menjadi salah satu indikator yang menunjukkan kualitas daya saing manusia suatu daerah,” ucap Bupati Karo dalam sambutannya.

Hadir dalam acara ini, dari Tim Panelis dan Dinas terkait penilaian kinerja stunting Provinsi Sumut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kab.Karo, Forkopimda Karo, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Karo, Para Kepala OPD Kabupaten Karo, Camat Payung, Camat Tigapanah, Camat Dolatrakyat dan Camat Merdeka, Kepala Puskesmas Payung, Tigabinanga dan Kabanjahe, USAID ERAT, Corus Internasional, Satgas Stunting, IDI Kab. Karo, IBI Kab. Karo serta Para Tokoh/Lembaga Agama di Kabupaten Karo.

(David – Kominfo)