Disparekraf-Kemenlu Gelar Jakarta Walking Tour

BERITA, JAKARTA36 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta bersama Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI menggelar Jakarta Walking Tour.

Kegiatan ini diikuti 25 peserta yang terdiri dari para istri pejabat Eselon 1 Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) DKI Jakarta.

Ismi Andy Rachmianto istri dari Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kemenlu RI, Andy Rachmianto mengaku senang dapat bersinergi dengan Pemprov DKI Jakarta dalam mengenalkan destinasi wisata di Jakarta.

“Senang sekali kami turut dilibatkan dalam Walking Tour. Ini merupakan kegiatan perdana kami,” katanya, Selasa (28/2).

Menurut Ismi, ada dua poin utama dalam kegiatan Jakarta Walking Tour. Pertama dengan adanya kegiatan ini, destinasi wisata di Jakarta dipromosikan para istri diplomat di negara tugasnya.

“Kedua kami bisa turut serta memberikan informasi atau rekomendasikan pariwisata Jakarta berdasarkan pengalaman kepada duta besar atau warga negara asing di Jakarta,” tuturnya.

Kepala Bidang Destinasi dan Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Parekraf DKI Jakarta, Sherly Yuliana menuturkan, selain memperkenalkan destinasi wisata di Jakarta kepada para peserta, Walking Tour juga bertujuan mempromosikan Jakarta ke warga negara asing melalui para istri pejabat Eselon 1 Kemenlu.

“Ibu-ibu diplomat yang akan ditempatkan di luar negeri ini akan mendokumentasikan pengalaman mereka melalui sosial media,” tuturnya.

Sherly berharap, dengan upaya ini maka jumlah wisatawan mancanegara maupun nusantara yang berkunjung ke Jakarta akan bertambah pada tahun ini.

“Target wisatawan mancanegara yang mengunjungi Jakarta pada tahun ini 1,3 juta jiwa dan target wisatawan nasional 30-35 juta jiwa. Kami optimistis target ini terpenuhi,” tandasnya.

Perlu diketahui, beberapa destinasi wisata yang dikunjungi dalam Walking Tour ini dimulai dari Monumen Nasional (Monas), Museum Bank Indonesia.

Kemudian makan siang di Cafe Batavia, menjelajahi Museum Sejarah Jakarta dan melihat produk kerajinan Dekranasda serta belajar meracik jamu di Acaraki The Jamu.

210