Sekolah Lansia Nirmala Luluskan 29 Peserta Didik

BERITA, JAKARTA45 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Sekolah Lansia Nirmala menggelar wisuda bagi peserta didiknya di Kantor Kecamatan Tanjung Priok. Kegiatan wisuda meluluskan 29 lansia yang selama ini mengikuti pembelajaran di RPTRA Nirmala RT 08/04 Kelurahan Sunter Jaya, Jakarta Utara.

Camat Tanjung Priok, Ade Himawan mengatakan, wisuda ini merupakan lulusan angkatan pertama karena kelas sekolah untuk lansia ini adalah yang perdana dilaksanakan.

“Kebetulan 92 lansia yang diwisuda seluruhnya adalah wanita,” katanya, Rabu (26/7).

Dijelaskan Ade, proses pendidikan di sekolah lansia berlangsung hingga enam bulan. Selama mengikuti sekolah, mereka mengikuti materi 7 Dimensi Lansia Tangguh, yakni dimensi spiritual, intelektual, fisik, emosional, sosial kemasyarakatan, profesional dan vokasional, serta dimensi lingkungan.

Kemudian, mereka juga mendapatkan materi dasar seperti pengetahuan umum dan pelatihan life skill seperti pelatihan kriya, bercocok tanam serta beternak. Diharapkan Ade, seusai mengikuti materi di sekolah itu semakin meningkatkan kualitas hidup para lansia.

“Jadi mereka tidak kehilangan peran dalam keseharian di tengah keluarga dan masyarakat, sehingga tetap semangat menjalani hidup,” tegasnya.

Pengelola RPTRA Nirmala, Muhammad Irwanto menjelaskan, wisuda dilakukan terhadap lansia yang lulus menempuh Sekolah Lansia Standar 1. Setelah lulus para lansia pun akan terus mendapatkan pendampingan dan pembinaan.

“Mereka akan kami arahkan mengikuti pendidikan lanjutan Sekolah Lansia Standar 2,” tandasnya.

210