Disbud DKI Gelar Konser Musik Betawi Kontemporer

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dinas Kebudayaan (Disbud) DKI Jakarta melalui Unit Pengelola Gedung Pertunjukan Seni Budaya menggelar Konser Musik Betawi Kontemporer untuk memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), Jakarta Pusat.

Kepala Disbud DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana mengatakan, konser musik ini merupakan wadah bagi pelaku seni budaya di DKI Jakarta dengan tujuan menghadirkan pengalaman musik Betawi yang kaya dan menghibur.

“Harapannya dapat menarik minat generasi milenial untuk lebih mengenal sekaligus mencintai budaya Betawi yang menjadi bagian integral dari sejarah Jakarta,” ujarnya, Sabtu (26/8).

Iwan menjelaskan, dalam konser tersebut,

para penikmat musik diberikan kesempatan menikmati pertunjukan dari sejumlah grup musik yang akan membawakan lagu-lagu khas Betawi.

Grup musik tersebut seperti Efek Rumah Kaca, Adhitia Sofyan, Bilal Indrajaya, Remember of Today, Armen Ensemble, M2M Project Orchestra & Bobby, Jiung dan Gambang Kromong serta Lenong.

“Pengalaman ini tidak akan terlupakan bagi semua masyarakat yang menyaksikan,” katanya.

Menurut Iwan, kegiatan konser musik ini juga mengakomodasi kreativitas dan potensi para pelaku usaha lokal. Sedikitnya ada enam Jakpreneur binaan yang ikut berpartisipasi dan disediakan booth di lokasi acara.

“Di lokasi yang sama juga ada pameran alat-alat musik tradisional. Pengunjung tak hanya berkesempatan melihat, tetapi juga secara interaktif memainkan alat-alat musik tersebut,” terangnya.

Iwan menjelaskan, kegiatan ini terbuka bagi masyarakat umum tanpa dipungut biaya atau gratis dengan kapasitas tempat duduk hanya 250 orang.

“Pertunjukan ini merupakan upaya kami untuk menjaga dan merayakan warisan budaya yang menjadi identitas Jakarta,” ucapnya.

Ia berharap, kegiatan Konser Musik Betawi Kontemporer ini akan menjadi peristiwa budaya yang tak hanya meriah, tetapi juga bermakna.

“Semoga musik-musik Betawi terus lestari,” tandasnya.

210