Dinas KPKP Gandeng Komunitas Tanam 1.000 Mangrove Di Muara Angke

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta bekerja sama dengan Komunitas Mangrove Muara Angke (KOMMA), PT Pelindo Marine Services dan para pelajar mengadakan kegiatan penanaman 1.000 mangrove di Kawasan Ecomarine Mangrove Muara Angke, Rabu (26/7).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia yang diperingati setiap tanggal 26 Juli.

1.000 bibit mangrove yang ditanam merupakan bantuan yang diperoleh melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PT Jasa Armada Indonesia Tbk.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, Hari Mangrove Sedunia dirayakan dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya ekosistem ini melalui kegiatan rehabilitasi dan konservasi.

Eli, sapaan akrabnya menyampaikan, mangrove memiliki peran penting pada ekosistem pesisir untuk menahan erosi, meningkatkan kualitas air laut, menahan karbon, serta meningkatkan estetika di wilayah pesisir.

“Selain sebagai vegetasi pesisir yang dapat mencegah abrasi pesisir pantai, mangrove juga penyerap polutan atau karbon terbaik di dunia. Akar-akar mangrove juga berfungsi sebagai tempat berkembang biak atau pemijahan bagi udang, ikan dan kepiting. Maka itu, melalui penanaman mangrove khususnya wilayah pesisir semakin hijau dan lestari,” ujar Eli.

Ditambahkan Eli, aksi penanaman mangrove ini menjadi momentum bagi seluruh elemen, baik pemerintah maupun masyarakat untuk berperan aktif memperbaiki kualitas lingkungan sekaligus memperluas area hijau.

“Diharapkan penanaman mangrove ini bisa memberikan manfaat bagi pelestarian lingkungan hidup di wilayah DKI Jakarta,” tandas Eli.

210