Dinas Bina Marga Relokasi Kabel Udara Di Jalan Senopati

BERITA, JAKARTA38 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dinas Bina Marga DKI Jakarta bersama Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP) merelokasi kabel udara di Jalan Senopati, Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Kepala Bidang Prasarana Sarana dan Utilitas Kota (PSUK) Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Syamsul Bakhri mengatakan, dalam kegiatan ini, pihaknya memotong 28 kabel udara yang aktif maupun tidak aktif dengan rincian 15 kabel besar dan 13 kabel kecil milik para operator.

“Kita potong kabel-kabel yang sudah turun ke bawah,” ujarnya, Kamis (24/8).

Syamsul menuturkan, penertiban kabel udara ini sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 69 Tahun 2020 tentang Penunjukan Lokasi Penyelenggaraan Sarana Jaringan Utilitas Terpadu (SJUT). Melalui aturan tersebut, kabel-kabel udara harus direlokasi ke dalam tanah melalui SJUT. Adapun panjang kabel yang direlokasi ke dalam SJUT dalam kegiatan ini mencapai 8,3 Kilometer.

“Paling ada sedikit kendala kabel listrik. Nanti kita coba koordinasikan dengan PT PLN juga untuk merelokasinya ke SJUT,” ucapnya.

Direktur Utama JIP, Araf Anbiya menyatakan komitmennya untuk membangun SJUT hingga sepanjang 115 kilometer di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Fase 1 pembangunan SJUT dikerjakan 25 kilometer di 10 ruas jalan di wilayah Jakarta Selatan. Antara lain di Mampang Prapatan, Jalan Kapten Tendean.

Kemudian Jalan Wolter Monginsidi, Jalan Senopati, Jalan Suryo, Jalan Cikajang, Jalan Gunawarman, Jalan Pattimura, Jalan Trunojoyo dan Jalan Hasanuddin.

“Ke depan, kita akan terus mengajak peran para operator agar dapat segera merelokasi label udara ke SJUT,” tandasnya.

210