Pemuda Inspiratif dr. Roy Kaban & Team Inisiasi Tentang Ketenagakerjaan Untuk Warga Karo

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Ketenagakerjaan Medan Sumatera Utara gelar Sosialisasi Ketenagakerjaan di Aula Ria Food Court Berastagi, Selasa (19/12.2023) sekira pukul 11.20 WIB yang di inisiasi oleh Brigjend Purnawirawan Sabar Simanjuntak, Juanda Banurea, dr.Jhon Peter Roy Kaban, Sry Br Berahmana dan dihadiri oleh seluruh masyarakat Kabupaten Karo.

Chrisrully selalu perwakilan instruktur dari pihak BBPVP awal dalam sambutannya mengatakan terimakasih kepada para panitia terutama kepada dr. Jhon Peter Roy Kaban yang telah menginisiasi kegiatan tersebut dan Chrisrully sekaligus menjelaskan terkait Ketenagakerjaan yang mana sesuai dengan acara sosialisasi tentang BBPVP yang dulunya dikenal dengan BLK (Balai Latihan Kerja) ini.

“Ketenagakerjaan di Indonesia memang sepertinya gag habis habis nya untuk dibahas, sampai Pemerintahan kita juga telah mempersiapkan, salah satu agendanya untuk tahun 2045 Indonesia emas, dimana ditahun 2045 kita diperkirakan mendapatkan bonus demografi, dimana bonus demografi itu, jumlah angkatan kerja, jumlah sumber daya manusia yang produktif itu lebih besar dari 50 % dari jumlah total seluruh penduduk Indonesia. Jadi pada saat itulah kondisinya dimana angkatan kerja kita lebih besar dari orang tua dan anak anak,” terangnya.

Nah, kalau bonus itu tidak dimanfaatkan secara betul, itu bisa jadi senjata mematikan buat kita tapi kalau bonus itu bisa kita manfaatan secara benar itu bisa menjadi sebuah keuntungan buat Negara kita. Jadi langkah langkah yang dapat dilakukan oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI melalui BBPVP kami mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia untuk menyambut bonus demografi dengan cara memberikan pelatihan pelatihan atau menyelenggarakan Pelatihan kepada pencari tenaga kerja agar dapat bersaing dengan dunia industri , dan diharapkan menjadi wirausaha muda dan menciptakan lapangan kerja baru,” jelasnya.

Sementara itu, Putra dari Daerah Karo, dr. Roy Kaban mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini dilakukan untuk warga Kabupaten Karo agar mendapatkan pencerahan ilmu dan wawasan bagi masyarakat demi terciptanya warga Karo lebih maju dan bisa membangun daerah masing-masing untuk kedepannya.

“Tentunya ini kegiatan yang kesekian kalinya saya lakukan di Kabupaten Karo, sudah banyak kita perbuat dan mengajak masyarakat ke hal hal yang positif, semisalnya jauh jauh hari kita rangkul setiap Kepala Desa (Kades) untuk membangun Desanya, nah.., hasilnya sesuai hasil monitoring kita, kemarin kita buat buku dan telang kita launching yang bertajuk Kades Karo Inspiratif, sebelum juga ada Buku 100 Karo Inspiratif dengan dua jilid, iya tentunya kegiatan ini juga dapat menjadi satu pencerahan dan masukan yang bisa kita teladani dalam kehidupan sehari-hari agar Karo itu bisa lebih baik dan menjadi pemimpin masa depan, itu yang kita ciptakan sejak sekarang agar bibit bibit Pemimpin Karo kelak akan dapat memberikan kontribusi ke Kabupaten Karo yang kita cintai ini,” harap dr. Jhon Peter Roy Kaban yang sangat menginspirasi ini.

Pantau media di lokasi, tampak masyarakat hadir memenuhi ruangan, walaupun undangan dibatasi hanya untuk 200 peserta, nyatanya yang hadir lebih dari 250 orang, ini membuktikan antusias para warga yang rata rata dari golongan orang tua, dan di dominasi kaum ibu ibu yang ingin mengetahui paparan dari pihak BBPVP Medan di acara sosialisasi terkait ketenagakerjaan yang berhubungan erat dengan masa depan anak anak mereka.

(David)