Hari Kesehatan Jiwa Sedunia Digelar di Jaksel

BERITA, JAKARTA64 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Selatan menggelar kegiatan peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2023 di Gedung Auditorium Universitas Paramadina, Jalan Gatot Subroto, Mampang Prapatan.

Kepala Sudinkes Jakarta Selatan, Yudi Dimyati mengatakan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan juga mendorong tindakan yang melindungi kesehatan mental setiap orang sebagai hak asasi manusia universal

“Hari ini kita pastikan kesehatan mental dihargai, dipromosikan dan dilindungi,” ujarnya, Rabu (18/10).

Yudi menuturkan, masalah kesehatan mental bukanlah sesuatu hal yang tabu dibicarakan. Sebaliknya perlu ditangani dan dicegah sedini mungkin, sehingga bisa mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan.

“Saya harap, stigma negatif yang beredar di masyarakat tentang kesehatan mental harus segera dihapuskan agar tidak menimbulkan kekhawatiran lebih dalam bagi penderita” ucapnya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Jakarta Selatan, Habib Asyari menambahkan, kegiatan ini juga dapat sebagai pengingat jika derajat kesehatan masyarakat akan terwujud apabila semua komponen bangsa berperan.

Terutama berperan dalam upaya kesehatan, memprioritaskan promotif- preventif serta semakin menggalakkan ajakan hidup sehat.

“Saya sampaikan terima kasih atas segala partisipasi semua pihak yang mensukseskan acara ini,” katanya.

Kepala Puskesmas Kecamatan Mampang Prapatan, Melvin Sijabat menjelaskan, dalam kegiatan ini pihaknya turut mengundang 200 peserta yang terdiri dari pelajar SMA sederajat, pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan masyarakat umum.

Selain itu, pihaknya juga menggelar layanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi para peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut.

“Sasarannya pelajar SMA se-Jakarta Selatan. Karena banyak kasus kesehatan mental yang terjadi pada remaja sekarang ini,” tandasnya.

210