Mahasiswa KKN UNRI Bantu Pemdes Hutanamora Lakukan Penyemprotan dan Pembagian Masker di Pangururan Samosir

Berita Samosir, OLNewsindonesia, Senin (16/8)

Mahasiswa Universitas Riau melalui Program Kukerta Balek Kampung 2021 melaksanakan Kukerta (Kunjungan Kerja Nyata) di Desa Huta Namora Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara.

Demikian dikatakan Andrew William Simarmata Kepada OLNewsindonesia. Com, Senin, (16 Agustus 2021) di Desa Hutanamora.

“Kukerta Balek Kampung ini, dimulai sejak tanggal 13 Juli 2021 hinggaa 16 Agustus 2021), yang terdiri dari 9 mahasiswa dari 4 fakultas berbeda”, ungkap Andrew W Simarmata.

Penyerahan mahasiswa Kukerta lanjut Andrew, dilakukan secara virtual oleh dosen pembimbing lapangan Bapak Aref Vai, S.Pd., M.Pd kepada kepala desa Huta Namora Bapak Ihut Irencus Malau. “Penyerahan Mahasiswa dilakukan secara Virtual, sehubungan situasi Pandemik Covid 19”, ujarnya.

Dijelaskannya, program-program yang dilaksanakan oleh kelompok KKN UNRI di Desa Huta Namora ini dikembangkan dari tiga tema yang ditetapkan oleh Universitas yakni tema new normal, tema literasi dan tema unggulan.

“Seluruh kegiatan yang dilakukan terkait pengabdian di Desa Huta Namora berfokus pada pengembangan potensi-potensi yang ada pada desa ini, yaitu sumber daya alam (pertanian, perikanan) dan sumber daya manusia (petani, dan anak sekolah) “, jelas Andrew W Simarmata.

Menurut Andrew, Salah satu bentuk pengabdian kelompok kukerta ini di situasi Pandemi Covid 19 adalah membantu penyemprotan dan pembagian masker.

“Sebelumnya, Kegiatan ini diawali dengan kegiatan sosialisasi Covid-19 ke rumah masyarakat untuk menghindari kerumunan dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Penyemprotan dan pembagian masker tersebut dilakukan sebagai bentuk pencegahan penyebaran Covid-19 diera new normal”, ujarnya.

Selain itu kata Andrew, Metode Penyemprotan dan pembagian masker tersebut dilakukan dengan menggunakan cairan disinfektan sebagai bahan utamanya. Adapun masker dan cairan disifenktan yang digunakan disediakan oleh pihak desa Hutanamora.

“Melalui sosialisasi serta penyemprotan dan pembagian masker ini, diharapkan masyarakat mampu mengikuti protokol kesehatan yang telah diterapkan, Sehingga dapat membantu mengurangi penyebaran virus Covid-19 di desa Huta Namora pada era new normal”, harap Andrew.

Pantauan OLNewsindonesia.Com, Selain kegiatan penyemprotan dan pembagian masker masih terdapat beberapa program kerja yang telah dilaksanakan dan akan dilaksanakan oleh kelompok kukerta ini, diantaranya adaptasi pembelajaran literasi dan numerasi di SD, pembuatan plang jalan, kebersihan lingkungan desa, dan beberapa program lainnya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan Kukerta Balek Kampung yang dilaksanakan oleh mahasiwa UNRI tersebut dapat membantu masyarakat Desa Huta Namora dalam memanfaatkan potensi yang ada di desa tersebut terutama di masa pandemic Covid-19.

(JuntakStar/POLHUT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *