Tuan Rumah Kriyanusa 2023, DKI Jakarta Tampilkan Produk Unggulan Perajin Binaan Dekranasda

BERITA, JAKARTA66 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

DKI Jakarta menjadi tuan rumah gelaran Pameran Kriyanusa 2023. Sebanyak 300 booth dihadirkan untuk menawarkan beragam produk kriya mulai dari fashion, aksesoris, jewelry, hingga home decor terbaik dari seluruh Indonesia. Mengusung tema ‘Kriya Unggul, Indonesia Maju’, acara ini diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, pada 13 hingga 17 September 2023.

Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta Mirdiyanti yang hadir dalam pembukaan acara Kriyanusa 2023, mengungkapkan rasa syukurnya sebagai tuan rumah kegiatan penting berskala nasional tersebut.

“Provinsi DKI Jakarta dipercaya sebagai tuan rumah Kriyanusa 2023, syukur alhamdulillah perajin DKI Jakarta mendapatkan bimbingan dari Dekranas dan tahun ini mereka siap menampilkan karya terbaik,” ujarnya di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (13/9), seperti dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Pameran Kriyanusa 2023 merupakan momentum yang penting bagi para perajin dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk memperluas skala pemasaran dan meningkatkan daya saing di pasar global. Hal itu didukung dengan ditampilkan berbagai produk unggulan DKI Jakarta.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo mengungkapkan, produk yang ditampilkan perajin DKI memiliki kekhasan sendiri yang siap bersaing dengan produk unggulan dari provinsi lain.

“Banyak produk unggulan yang ditampilan, seperti Batik Betawi, craft, dan souvenir Betawi. Semua ini adalah karya perajin anggota Dekranasda DKI Jakarta. Produk yang ditampilkan ada 20 produk dari 5 (lima) wilayah kota,” ujarnya.

Selain itu, Elisabeth turut mengenalkan produk Dekranasda DKI yang mempunyai kualitas internasional dan siap ekspor ke luar negeri. Bahkan, ada yang telah lulus kurasi panitia untuk dipamerkan dalam event fashion skala dunia, Paris Fashion Week. Produk tersebut yaitu Cristin Wu berupa sepatu, Long Story Short berupa tas, dan Ellie Han berupa kriya.

“Kami menginginkan event ini memberikan motivasi dan inovasi, serta meningkatkan daya saing produk-produk perajin Dekranasda,” jelas Elisabeth.

Sementara itu, Ketua Bidang Manajemen Usaha Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Sri Suparni Bahlil Lahadalia menyampaikan, Kriyanusa merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan untuk mempromosikan produk-produk kriya dari seluruh Indonesia.

“Kegiatan ini merupakan wujud nyata Dekranas dalam upaya pengembangan kapasitas pelaku usaha kriya untuk mendorong penciptaan dan pengembangan produk kriya lokal, sekaligus melestarikan citra budaya seluruh daerah di Indonesia,” katanya.

Pembukaan pameran Kriyanusa 2023 berlangsung meriah dengan berbagai hiburan memukau, mulai dari tarian medley, penampilan artis Andien Aisyah bersama jajaran pengurus Dekranas dan Ketua Dekranasda Provinsi se-Indonesia, serta dilanjutkan dengan kegiatan mencanting batik bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo selaku Pembina Dekranas. Rangkaian kegiatan Kriyanusa 2023 juga dimeriahkan dengan talk show, pagelaran seni, peragaan kerajinan, dan fashion show.

Pameran Kriyanusa 2023 diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi UMKM Indonesia memasuki pasar global. Dengan dukungan dari pemerintah dan berbagai pihak, UMKM Indonesia didorong agar dapat bersaing dengan produk-produk dari negara lain.

210