Pantas Nainggolan Dukung Pemanfaatan Optimal Kali Ciliwung

BERITA, JAKARTA41 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Legislator Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta, Pantas Nainggolan sangat mendukung optimalisasi pemanfaatan Kali Ciliwung agar bisa menjadi barometer pengelolaan sungai di Indonesia.

Pantas mengatakan, untuk dimanfaatkan secara optimal sebagai sebagai bagian terintegrasi untuk mengatasi banjir, normalisasi Kali Ciliwung harus dilakukan secara tuntas.

“Saya mendukung upaya normalisasi Kali Ciliwung agar potensi banjir dapat diminimalisir,” ujarnya, Kamis (8/12).

Ketua Bapemperda DPRD DKI Jakarta ini menjelaskan, pascanormalisasi Kali Ciliwung, warga juga harus berperan serta aktif menjaga kebersihannya, jangan membuang sampah sembarangan.

“Kali Ciliwung ini sangat potensial menjadi tempat berkegiatan positif. Bahkan, bisa menjadi destinasi wisata,” terangnya.

Menurut Pantas, Festival Dayung Ciliwung yang diadakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) sangat bagus.

“Tidak hanya sebagai penanganan banjir, tetapi Ciliwung dapat dimanfaatkan sebagai sarana olahraga. Artinya, jika kita bisa menjaga dan merawat sungai-sungai yang ada di Jakarta maka peran sungai sangat penting,” bebernya.

Ia menuturkan, melalui berbagai kegiatan yang bisa menjadi agenda tahunan maka sangat potensial mendatangkan wisatawan. Terlebih, jika kegiatan-kegiatan ini juga mengangkat kearifan lokal di Jakarta.

“Ayo kita jaga dan rawat bersama Kali Ciliwung dan 12 sungai lainnya di Jakarta,” ucapnya.

Pantas menambahkan, dengan kebersihan yang terjaga Kali Ciliwung sangat potensial menjadi sumber air baku layanan air bersih bagi warga Jakarta.

“Kita ketahui bersama Perumda PAM Jaya sudah menargetkan cakupan layanan air bersih 100 persen di 2030. Ini perlu sumber air baku tidak sedikit, Kali Ciliwung bisa jadi solusi,” tandasnya.

210