by

Perwakilan Pilar Dinsos Ikuti Peningkatan Pemahaman HIV/Aids

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Komisi Penanggulangan Aids (KPA) DKI Jakarta menggelar kegiatan peningkatan pemahaman HIV/Aids secara komprehensif bagi kelompok sosial kemasyarakatan di Kantor Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta, Jalan Gunung Sahari II, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (6/10).

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos DKI Jakarta, Susy Dwi Harini mengatakan, pihaknya memiliki pilar-pilar sosial yang jumlahnya ribuan di masyarakat.

“Ada 30 perwakilan dari tiga pilar di bawah naungan Dinsos, terdiri dari Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) kelurahan, Karang Taruna dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK),” katanya, Jumat (6/10).

Menurut Susy peningkatan pemahaman HIV/Aida sangat penting diketahui kelompok di bawah naungan Dinsos. Mengingat, di lapangan mereka bertugas di tengah-tengah masyarakat dan paling mengetahui kondisi warga.

“Melalui mereka kita dapat melakukan pencegahan dan penanganan apabila ditemukan kasus ini di masyarakat,” ujarnya.

Ia mengharapkan, melalui kegiatan hari ini,

masyarakat semakin tahu bagaimana cara dan bersikap agar orang dengan kondisi HIV/Aids tidak merasa terkucilkan.

“Diharapkan informasi dari kegiatan ini bisa diketuktularkan kepada anggota lainnya,” ucapnya.

Kepala Bidang Promosi dan Pencegahan sekaligus Kepala Bidang Dukungan dan Layanan KPA DKI Jakarta, Taufik Ali Fuad menambahkan, peningkatan pemahaman tentang pengetahuan dasar HIV/Aids sangat diperlukan bagi masyarakat.

Sebab, dengan kegiatan ini masyarakat menjadi semakin mengetahui HIV/Aids sekaligus cara pencegahannya. Melalui cara demikian, angka kasus penyakit ini diyakini dapat ditekan.

“Pengetahuan dalam kegiatan ini diperlukan agar stigma-stigma yang keliru terhadap penderita HIV/Aids bisa diminimalisir,” tandasnya.

210