Perhelatan Istana Berkebaya Berlangsung Meriah

BERITA, JAKARTA136 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Perhelatan Istana Berkebaya yang digelar di Istana Merdeka pada Minggu (6/8) berlangsung meriah.

Acara yang terselenggara berkat sinergisitas Pemprov DKI Jakarta dengan Kementerian Sekretariat Negara ini dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) beserta istri, Iriana Jokowi dan Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin yang didampingi istri, Wury Estu Handayani.

Acara semakin meriah dengan peragaan busana (fashion show) para srikandi dan wanita inspiratif di lingkungan Kementerian dan Pemprov DKI Jakarta di atas runway sepanjang 200 meter. Selain itu, penampilan dari Bunga Citra Lestari semakin menambah semarak acara.

“Kebaya itu melambangkan karakter masyarakat Indonesia yang anggun, lemah lembut, sopan dan bersahaja,” ujar Jokowi saat membuka perhelatan Istana Berkebaya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan, Istana Berkebaya merupakan rangkaian HUT ke-78 Republik Indonesia. Momen perayaan bulan kemerdekan telah dimulai dengan dzikir dan doa kebangsaan serta pagelaran angklung terbesar yang telah berlangsung meriah, Sabtu (5/8) kemarin.

Heru menyampaikan apresiasi atas kepercayaan yang diberikan oleh Kementerian Sekretariat Negara kepada Pemprov DKI Jakarta untuk bersinergi melaksanakan perhelatan ini Istana Berkebaya.

“Saya ucapkan selamat kepada Ibu-ibu OASE atas pemecahan Guinness World Records, kemarin. Hari ini kita lanjutkan dengan semangat yang sama merayakan keindahan dan keberagaman budaya bangsa indonesia melalui peragaan busana kebaya,” kata Heru.

Dia mengatakan, Istana Berkebaya mengajak masyarakat untuk mencintai dan melestarikan budaya Indonesia serta merajut persatuan dan kesatuan sebagai pondasi yang kokoh bagi kemajuan bangsa. Hal ini selaras dengan semangat tema HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia yakni Terus Melaju untuk Indonesia Maju.

Heru menambahkan, Istana Berkebaya dapat menjaga persatuan kesatuan, melestarikan keragaman budaya serta mendorong kemajuan Indonesia.

“Fashion show pada hari ini sangat istimewa karena melibatkan wanita-wanita inspiratif dari kalangan masyarakat. Mulai dari OASE dan Menteri Kabinet Indonesia Maju. Istri para duta besar, pejabat dan pegawai perempuan di lingkungan kabinet dan Pemprov DKI Jakarta,” tandas Heru.

Istana Berkebaya menggandeng penyelenggara Jakarta Fashion Week (JFW) untuk menyukseskan acara ini, salah satunya sebagai pengarah saat peragaan busana kebaya.

Selain itu, Istana Berkebaya juga bekerjasama dengan perajin kebaya di Jakarta untuk busana yang dikenakan nanti seperti, Syafitri Gallery, Kebaya Nyonya Baba dan Roemah Kebaya.

210