Kesbangpol Provsu & Kesbangpol Karo Gelar Sosialisasi Peraturan Ormas Di Berastagi

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com 

Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) bekerja sama dengan Kesbangpol Kabupaten Karo gelar Sosialisasi tentang Peraturan Ormas (Organisasi Masyarakat) di Sibayak Hotel Internasional Berastagi, Rabu (05/04.2023) sekira pukul 15.00 WIB yang dihadiri jajaran Kesbangpol Provinsi Sumatera Utara, Kepala Kesbangpol Kabupaten Karo Tetap Ginting, Pihak Bawaslu Kabupaten Karo.

Tetap Ginting selalu Kepala Kesbangpol Kabupaten Karo dalam paparannya menyampaikan pemahaman tentang Ormas dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Karo, dimana saat ini ada 89 (delapan puluh sembilan) Ormas yang sudah melaporkan ke Kesbangpol yang sudah terdaftar, dan masih banyak lagi yang belum dilaporkan,” ujar Tetap Ginting.

Kepala Kesbangpol Karo ini menjelaskan kembali,” dimana Ormas bertujuan untuk berpartisipasi dan kepercayaan masyarakat, memberikan pelayanan kepada masyarakat, menjaga nilai agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, melestarikan dan memelihara norma norma, etika dan lain-lain nya.

“Yang mana sesuai dengan pasal 6 tentang Ormas menyebutkan Ormas berfungsi sebagai sarana: penyalur kegiatan sudut dengan kepentingan anggota dan tujuan organisasi, pembinaan pengembangan anggota untuk mewujudkan tujuan organisasi, penyalur aspirasi masyarakat dan pemberdayaan masyarakat, pemenuhan pelayanan sosial, dan berpartisipasi untuk memelihara, menjaga, memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa ataupun pemelihara dan pelestari norma, nilai dan etika dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” jelas Kepala Kesbangpol Kabupaten Karo ini.

Ketua KPUD Karo, Gemar Tarigan dalam kegiatan sosialisasi Ormas ini berkesempatan sebagai narasumber memberikan pemaparan tentang Pemilihan Umum secara global yang berkaitan dengan Ormas, dimana Ormas berperan sebagai corong dan edukasi tentang Pemilu terhadap masyarakat sekitar.

” Peran Ormas itu, dalam Pemilu sangat penting karena Ormas menjadi penyuplay kader politik bagi daerah bangsa dan negara. Yang mana anggota Ormas dapat terjun langsung menjadi penyelenggara, Ormas berkesempatan memberikan pendidikan politik bagi anggotanya dan seluruh warga. Dan Ormas hadir sebagai mencari informasi tentang calon yang akan dipilih melalui diskusi sesama anggota, serta mengawasi jalannya pemungutan dan perhitungan suara di TPS dan akan lebih baik jika menjadi petugas TPS, sehingga dapat mengawal jalannya pemilihan agar berlangsung demokratis dan Jurdil,” terang Gemar ini.

Setali tiga uang dengan KPU Karo, Eva J. Br Pandia Perwakilan Bawaslu Kabupaten Karo juga berkesempatan memberikan paparan sekalian Pemilu yang juga tetap bersinggungan dengan Ormas, karena harapan dari Bawaslu Kabupaten Karo bahwa Ormas itu tetap berperan serta dalam Pemilu.

(David)