5.692 Hewan Kurban Yang Dipotong Di Jaktim Dinyatakan Sehat

BERITA, JAKARTA49 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Sebanyak 5.692 hewan kurban yang disembelih di 212 lokasi di Jakarta Timur, Rabu (28/6) dan Kamis (29/6) kemarin, dinyatakan sehat dan layak dikonsumsi.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Jakarta Timur, Ali Nurdin mengatakan, 145 petugas gabungan dari unsur Sudin KPKP, Dinas KPKP DKI serta Sekolah Kedokteran Hewan dan Bimoedis Institut Pertanian Bogor (IPB) selama dua hari kemarin telah memeriksa 5.692 hewan kurban yang disembelih di 212 lokasi. Hasilnya tidak ditemukan adanya penyakit pada hewan kurban tersebut.

“Alhamdulillah semua dalam kondisi sehat. Tidak ditemukan adanya hewan yang sakit saat dilakukan penyembelihan dan organ dalamnya juga tidak ditemukan cacing pita,” ujar Ali, Jumat (30/6).

Menurut Ali, petugas melakukan pengawasan dan pemeriksaan di tempat pemotongan hewan kurban sejak Rabu (28/6), karena pada hari itu sebagian umat muslim di ibukota sudah ada yang melaksanakan Salat Iduladha dan melakukan penyembelihan hewan kurban.

“Hewan kurban yang disembelih selama dua hari kemarin terdiri dari sapi 1.651 ekor, kerbau tiga ekor, kambing 3.708 ekor dan domba 330 ekor,” beber Ali.

Hasil evaluasi di lapangan selama dua hari kemarin, ungkap Ali, masyarakat sudah mematuhi tata cara penyembelihan hewan kurban secara benar sesuai anjuran pemerintah. Terutama soal lokasi penyembelihan dan pencacahan daging kurban, sudah sesuai prosedur.

“Pengawasan dan pemeriksaan dilanjutkan hingga hari ini,” tandasnya.

210