Wakil Wali Kota Jakarta Timur Serahkan Remisi Umum pada Napi di Lapas Narkotika Cipinang

BERITA, JAKARTA233 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Wakil Wali Kota Jakarta Timur, Iin Mutmainah, menyerahkan surat keputusan (SK) remisi umum secara simbolis pada delapan narapidana di Lapas Narkotika Cipinang, Kamis (17/8). Tercatat ada 175.510 napi yang mendapatkan remisi bertepatan dengan peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Penyerahan SK remisi dilakukan Iin di pendopo Lapas Narkotika Cipinang. Ia didampingi Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM DKI Jakarta, Ibnu Chaldun dan .sejumlah pejabat di lingkungan Forkopimko Jakarta Timur.

Iin berharap, remisi dari Kanwil Kemenkum HAM ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memotivasi para Napi agar ke depan bisa kembali ke masyarakat dengan baik dan bermartabat.

“Tunjukan sikap lebih baik lagi dalam menjalani proses pembinaan di dalam Lapas. Demikian juga yang kembali ke masyarakat harus dapat merubah sikap, perilaku agar lebih bermartabat dan diterima di masyarakat,” ujar Iin.

Sementara, Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM DKI Jakarta, Ibnu Chaldun mengatakan, saat ini ada 15.816 warga binaan yang menghuni Lapas.dan Rutan.Dari jumlah itu, sebanyak 10.265 mendapatkan apresiasi remisi umum Tahun 2023 yang terdiri dari 9.792 mendapat remisi umum I dan 473 memperoleh remisi umum II.

“Pemberian remisi umum Tahun 2023 ini tidak hanya mencerminkan upaya pemerintah dalam memberikan peluang kedua bagi narapidana dan anak binaan. Namun juga menegaskan pentingnya pendekatan yang holistik dalam sistem peradilan pidana,” ujar Ibnu.

Selain itu, pemberian remisi umum merupakan tonggak penting dalam perjalanan menuju sistem peradilan yang lebih adil dan manusiawi. Selain itu mampu memancarkan pesan bahwa rehabilitasi dan reintegrasi adalah bagian integral dari tujuan pemasyarakatan.

“Kami berharap seluruh warga binaan dapat mengikuti program pembinaan dengan giat dan sungguh-sungguh serta terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” tandasnya.

210