by

Monas Lagi Ramai Warga Menonton Pameran Peralatan Kerja OPD

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pameran pendukung sarana kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) DKI Jakarta di Lapangan Plaza Selatan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (2/7) hingga Minggu (3/7), diminati warga.

Pantauan beritajakarta,id, Minggu (3/7), banyak warga yang rela antri untuk menikmati dan melihat beberapa atraksi yng ditampilkan berbagai OPD Pemprov DKI. Di antaranya sulap dan mendongeng dari Dinas Perpustakaan Kearsipan (Dispusip), aksi eskavator Dinas Lingungan Hidup, serta mobil keliling dan flying fox Dinas Gulkarmat dan lainnya.

Kepala Seksi Sudin Perpusip Jakbar, Siti Sarah mengatakan, dalam kegiatan yang dilaksanakna sejak pukul 06.00 hingga 17.00 ini pihaknya menyajikan aksi sulap dari Abang None Buku, kemudian aksi mendongeng dari Komunitas Kepompong, serta permainan puzzle dan 1.000 buku bacaan di bus keliling.

“Kami ingin memberikan literasi dan pengalaman kepada anak-anak. Karena banyak orang tua yang membawa anaknya ke sini untuk liburan,” tuturnya.

Untuk menarik perhatian pengunjung, jelas Siti, pihaknya juga membagikan alat menggambar gratis kepada 60 pengunjung yang beruntung.

Dewi (40), warga Pondok Pinang Jakarta Selatan, mengaku sengaja membawa anaknya mengunjungi pameran ini sambil menikmati Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB). Menurutnya, pameran ini sangat bermanfaat karena mengedukasi masyarakat, khususnya anak-anak, tentang peran dan tugas serta kerja dari aparatur Pemprov DKI Jakarta.

“Anak-anak jadi tahu kendaraan pengangkut sampah Dinas Lingkungan Hidup, lalu jenis dan fungsi mobil pemadam kebakaran dan lainnya. Harapan saya bisa diadakan setiap minggunya, khususnya waktu liburan sekolah seperti ini,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Putri (34), warga Tangerang yang membawa anaknya usia tujuh tahun untuk jalan-jalan ke Monas. Menurutnya, ini pameran pertama yang dia lihat, sangat bermanfaat dan menambah fasilitas bermain untuk anak.

“Anak saya adi ikut coba flying fox pemadam kebakaran, terus ke mobil keliling perpustakana mendengar dongeng dan membaca buku. Sebagai orang tua, saya senang karena anak-anak merasa bahagia di sini,” tuturnya.

Sekedar informasi, dalam pameran ini beberapa sarana kerja yang ditampilkan berasal dari Dinas Sumber Daya Air (SDA). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Lingkungan Hidup.

Kemudian ada dari Dinas Kesehatan, Dinas Bina Marga, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Gulkarmat DKI Jakarta.

Jmy