by

Terbesar Se-Indonesia, Pemkab Bogor Siap Sukseskan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan

Berita Cibinong, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Jumlah target sampel pada sensus penduduk 2020 lanjutan di Kabupaten Bogor merupakan yang terbesar se-Indonesia, yaitu sebanyak 49.888 rumah tangga yang tersebar di 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor dan mengerahkan sebanyak 902 petugas. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor siap berperan aktif sukseskan Program Nasional Sensus Penduduk 2020 (SP 2020) lanjutan.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin saat menghadiri sosialisasi sensus penduduk 2020 lanjutan dengan tema “Potensi Generasi Milenial Dalam Rangka Mendongkrak Perekonomian Kabupaten Bogor”, di Ruang Serbaguna I, Gedung Sekretariat Daerah, Cibinong, Senin (30/5) dan dikutip situs berita online indonesia pada Selasa (31/5).

Sekda Burhanudin instruksikan jajarannya agar berperan aktif, dari para kepala perangkat daerah, camat, kepala desa, lurah sampai dengan RT dan RW untuk mendukung Program Nasional Sensus Penduduk 2020 lanjutan ini. Informasikan tentang pelaksanaan sensus penduduk 2020 lanjutan kepada warga masyarakat di wilayah masing-masing.

“Ajak warga di wilayah masing-masing untuk menerima kedatangan petugas sensus penduduk 2020 lanjutan dan memberikan jawaban yang benar dan jujur, jika terpilih sebagai rumah tangga sampel,” tandas Burhanudin.

Burhanudin menjelaskan, sensus penduduk 2020 lanjutan bertujuan untuk menghasilkan data terkait parameter demografi seperti, kelahiran, kematian dan migrasi serta informasi penting lainnya, yang belum bisa diperoleh pada pendataan penduduk di tahun 2020,” jelasnya.

“Indikator yang dihasilkan dapat dimanfaatkan bukan hanya oleh pemerintah daerah tapi juga oleh stakeholders terkait untuk keperluan perencanaan, monitoring dan evaluasi kinerja pembangunan,” jelas Sekda.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bogor, Sarwono menyebutkan, awalnya SP 2020 lanjutan dilaksanakan pada tahun lalu 2021 namun seperti kita ketahui bersama pada tahun lalu pandemi Covid 19 belum melandai, yang disertai dengan adanya refocusing anggaran, yang menyebabkan kegiatan ini baru dilaksanakan tahun 2022.

“Terima kasih kepada Pemkab Bogor, camat, kepala desa, lurah yang telah membantu BPS Kabupaten Bogor dalam perekrutan petugas sehingga dapat terpenuhi jumlah petugas SP 2020 lanjutan sebanyak 902 orang,” ujar Sarwono.

Ia menambahkan, kegiatan sosialisasi SP 2020 lanjutan ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi kegiatan SP 2020 lanjutan kepada seluruh perangkat daerah Kabupaten Bogor. Diharapkan, ASN di lingkup Pemkab Bogor mengetahui adanya kegiatan SP 2020 lanjutan.

“Pada akhirnya, para ASN Kabupaten Bogor dapat membantu petugas sensus untuk memberikan penjelasan kepada warga sekitar tempat tinggalnya masing-masing,” tambah Sarwono.

Relhupekabog