by

Launching Posyandu Remaja Pro Hati RW 01 Pondok Bambu, Duren Sawit

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

RW 01 Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (31/7), meresmikan Posyandu Remaja Pro Hati di RPTRA Pondok Bambu Berseri.

Menurut Kepala Puskesmas Kecamatan Duren Sawit, Sunersi Handayani, posyandu ini merupakan wadah untuk memfasilitasi permasalahan kesehatan remaja selama masa transisi dan pubertas.Ini merupakan Posyandu Remaja ke-4 dari target tujuh Posyandu Remaja yang akan dibentuk di wilayah Kecamatan Duren Sawit.

“Ini salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselengggarakan oleh dan untuk masyarakat. Khususnya remaja di wilayah RW 01 Kelurahan Pondok Bambu,” kata Sunersi.

Dia menambahkan, posyandu ini dapat memperluas jangkauan Puskesmas Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR), seklaigus memberikan kesempatan remaja untuk berkembang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristiknya melalui pendekatan terpadu program kesehatan. Seperti aktivitas fisik pada remaja, masalah gizi.

Kemudian, Pendidikan Keterampilan Hidup Sehat (PKHS) pada remaja, kesehatan jiwa dan pencegahan penyalahgunaan Napza, kampanye HIV, kesehatan reproduksi, pencegahan kekerasan pada remaja, pencegahan penyakit menular dan sebagainya.

Lurah Pondok Bambu, Ahmad Ruslan menambahkan, wilayah RW 01 memliki berbagai macam kegiatan unggulan. Sperti Pos Gizi, Pos UKK, Bank Sampah dengan Kader Remaja Aktif, Program Kampung Iklim (Proklim) dan kampung tangguh serta banyak lagi kegiatan lainnya.

“Sekarang ada Posyandu Remaja, kami ucapkan terima kasih kepada Puskesmas Kecamatan Duren Sawit dan Puskesmas Kelurahan Pondok Bambu 2,” tuturnya.

Apresiasi juga diberikan Ketua RW 01 Pondok Bambu, Edi Suwito. Menurutnya, remaja di RW 01 sudah berani menerima tantangan untuk berkontribusi.

“Mudah-mudahan kegiatan ini akan terus berlanjut,” tandas Edi.

210