by

Rumah Longsor Di Cilangkap Ditangani Personel Gabungan

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

17 personel gabungan dikerahkan untuk menangani rumah Yusnizar Yusuf (69), warga Jalan Ralind II, RT 01/04, Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur yang longsor sekitar pukul 02.00 dini hari tadi.

Bagian rumah yang longsor mencakup gudang dan tembok pagar pembatas. Sementara panjang obyek yang longsor mencapai tujuh meter dengan lebar tiga meter dan kedalaman lima meter.

Pelaksana tugas (Plt) Lurah Cilangkap, Eddy Sofyan Latief mengatakan, saat penanganan awal, pihaknya mengerahkan 17 personel gabungan yang terdiri dari PPSU, Satpol PP dan Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Timur dibantu pengurus RT dan RW setempat.

“Kita evakuasi barang-barang rumah tangga milik warga. Kemudian lokasi longsor kita lokalisir agar tidak ada warga yang mendekat karena berbahaya,” ujarnya, Kamis (29/12).

Perwira Peleton Gulkarmat Sektor Kecamatan Cipayung, Mochamad Ridwan menuturkan, pihaknya hanya membantu proses evakuasi barang-barang milik warga. Namun jika warga membutuhkan bantuan, personelnya siap sedia membantu.

“Kita lakukan mitigasi di lokasi kejadian dan koordinasi dengan pemilik rumah, lurah dan unit terkait,” katanya.

Yusnizar Yusuf (69), pemilik rumah mengutarakan, bencana longsor yang menimpa kediamannya terjadi pukul 02.00. Saat kejadian, dirinya bersama keluarga sedang terlelap tidur kemudian dikejutkan suara gemuruh dari belakang rumahnya.

Setelah diperiksa, ternyata bagian tembok pembatas di belakang rumahnya tergerus longsor. Bahkan sebuah pohon mangga setinggi lima meter dengan diameter 30 sentimeter berpindah hingga sejauh lima meter ke bibir kali.

“Saya langsung hubungi RT dan RW. Saat ini sedang dilakukan penanganan awal,” tandasnya.

210