by

Pemdes Klapanungggal Realisasikan Program Ketahanan Pangan Melalui Budidaya Ikan

Berita Klapanunggal, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemerintah Desa Klapanungggal, Kecamatan Klapanungggal, Kabupaten Bogor, pada Rabu, 30 November 2022, merealisasikan program Ketahanan Pangan dengan membudidayakan ikan, dengan menebar ribuan bibit ikan Gurame dan bibit ikan Emas ke kolam yang sudah dibuatkan dari beberapa waktu lalu.

Video Wawancara Dengan Kepala Desa Klapanunggal, Ade Endang Saripudin

Penebaran bibit ikan tersebut langsung dilakukan oleh Kepala Desa Klapanungggal, Ade Endang Saripudin beserta jajaran Pemerintahan Desa Klapanungggal, meliputi Staf, Kaur dan Kasi. Bertempat di Kampung Bagogog, RT 007, RW OO6, Desa Klapanunggal, Kecamatan Klapanungggal, Kabupaten Bogor, Jawa barat.

Kepala Desa Klapanungggal, Ade Endang Saripudin saat ditemui dilokasi penebaran bibit ikan mengatakan, bahwa ini adalah penebaran bibit ikan ditahap yang ke 2.

“Ini tahapan yang kedua, kemarin sudah. Ini adalah bibit Gurame yang kami turunkan kemarin enam ratus ekor, sekarang lima ratus ekor lagi. Mungkin sebentar lagi bibit ikan emas akan datang, karena masih diperjalanan. Kami bertahap karena takut ada yang mati” kata Kades Klapanungggal yang kerap disapa Lurah Gonon,(30/11).

Kemudian ia juga menyampaikan bahwa kolam yang dibuat khusus untuk pembudidayaan dan pengembangbiakan bibit ikan untuk program ketahanan pangan mempunyai kualitas air yang bagus dan tidak mudah surut walau di musim kemarau.

“Ini air jalan, dari mata air gunung, jadi sirkulasi. Ini masuk air baru air lama bisa keluar lewat pembuangan yang sudah kami buat yang langsung mengalir ke sawah. Jadi airnya tidak mungkin kering, jadi terus ada sirkulasi air,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Ade yang juga menjabat menjadi Ketua APDESI Kecamatan Klapanungggal berharap, dengan adanya Program Ketahanan Pangan mampu memberikan manfaat untuk warga masyarakat Desa Klapanungggal.

“Harapan saya untuk masyarakat sekitar, khususnya kampung Bagogog dan umumnya masyarakat Desa Klapanungggal, supaya bisa kami ini dari pemerintah mencontohkan untuk masyarakat membudidayakan ikan dan pertanian juga seperti itu. Karena ketahan pangan itu sangatlah penting untuk kedepannya. Mudah-mudahan ikannya cepat besar dan hasilnya maksimal seperti yang kita harapkan dan semoga berkah untuk kita semua,” harapnya

Sambung Ade, selain dari budidaya ikan, program Ketahan pangan Desa Klapanungggal juga merealisasikan berupa pertanian.

“Yang mana selain hewani, kita juga ada ketahanan pangan dari pertanian, seperti tanam Kangkung, Cabe, Ubi-ubian, Pisang Sama Pepaya,” imbuhnya.

(Deni)