by

Bangkai Sapi Mati Ditemukan Di Jonggol, Sedang Di Investigasi Mengingat Marak PMK

Berita Jonggol, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Disaat merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku yang sudah ditemukan di 16 Provinsi di Indonesia berdasarkan (data Kementerian Pertanian per 22 Mei 2022), warga Jonggol dikejutkan dengan penemuan bangkai sapi di pinggir jalan wilayah Jonggol Desa Sukamanah. Beben, warga yang pertama kali mengetahui, karena diriniya mencium bau busuk yang menyengat ketika sedang melintasi tempat itu. Dirinyapun berhenti untuk mengecek, ternyata dirinya melihat bangkai sapi dan langsung melaporkan kepada pihak berwenang.

Ketika wartawan mengkonfirmasi tentang temuan ini kepada Kasie Sat Pol PP Kecamatan Jonggol, Dadang Yazid Bustomi, membenarkan dengan temuan ini berdasarkan laporan yang diterima oleh warga. Dan respon tanggap dilakukan Tim Kecamatan dengan langsung melakukan investigasi dengan melakukan pengecekan dilapangan, jelas Dadang kepada media. Hasilnya bangkai Sapi ditemukan dengan bau membusuk.

Diperkirakan Sapi mati dua hari yang lalu, namun Dadang menambahkan tim yang berkompeten untuk melakukan diagnosa sedang menuju lokasi. Pihaknya sedang berkoordinasi dengan Dinas Perikanan dan Peternakan melalui UPT Puskeswan Jonggol dan pada saat tulisan berita ini sedang mengarah kelokasi, Tim yang akan melakukan visum kepada bangkai sapi tersebut. Tentunya untuk memastikan sebab musabab kematian sapi .

Dadang menjelaskan bahwa terkait laporan masyarakat ini , Camat Jonggol, Andri Rahman S, STP, MSI sudah memberikan instruksi khusus sesuai dengan arahan penanganan PMK oleh Kementan dan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor, Iwan Setiawan melalui Diskanak Kab Bogor. Dan meminta warga untuk segera melaporkan kepada Posko Puskeswan atau kepada Kecamatan Jonggol, apabila menemukan kematian janggal pada hewan ternaknya atau hal-hal seperti penemuan bangkai sapi.

JNR