by

Pemkot Jakarta Timur Bangun Embung Cendrawasih Di Cibubur

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemerintah Kota (Pemkkot) Jakarta Timur melalui Suku Dinas Sumber Daya (SDA) mulai pekan depan akan membangun Embung Cendrawasih di Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas. Pembangunan embung ini untuk mengatasi genangan yang terjadi pada sejumlah wilayah di sepanjang aliran Kali Caglak.

Kasi Pemeliharaan Sudin Sumber Daya Air (SDA) Kota Jakarta Timur, Puryanto mengatakan, satu unit alat berat jenis wheel excavator ukuran besar sudah disiagakan di lokasi pada Kamis (28/9) malam. Alat berat ini akan digunakan untuk pengerukan lahan. Jika ternyata masih kurang, pihaknya akan menambah alat berat lagi.

“Alat berat untuk pembangunan embung sudah kita turunkan ke lokasi tadi malam. Rencananya mulai pekan depan pengerukan akan dimulai. Anggaran pembangunan menggunakan dana swakelola APBD 2022,” kata Puryanto, Jumat (29/7).

Menurutnya, lahan yang digunakan untuk pembangunan Embung Cendrawasih ini hasil pembebasan seluas kurang lebih 3.700 meter persegi.

Pembangunan embung ini, lanjut Puryanto, sebagai tindak lanjut usulan warga untuk mengatasi genangan yang biasa terjadi di bantaran Kali Caglak, Cibubur.

“Keberadaan waduk ini dapat menambah kekuatan Waduk Cimanggis, yang lokasinya juga berada di wilayah Kelurahan Cibubur,” tandasnya.

210