by

Mulai Agustus Awal Dipasangi Gigi Balang Bangunan Di Jalan Raya Condet

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Puluhan bangunan di sepanjang Jalan Raya Condet, Kramat Jati, Jakarta Timur, akan dipasangi ornamen khas Betawi berupa ornamen Gigi Balang. Pemasangan ini akan dilakukan Sudin kebudayaan Jakarta Timur mulai awal Agustus besok.

Kasi Perlindungan Sudin Kebudayaan Jakarta Timur, Iyan Iskandar menuturkan, pemasangan Gigi Balang ini dilakukan dalam rangka pelestarian ornamen Betawi dan implementasi dari Perda Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi. Dipilihnya lokasi tersebut karena kawasan Condet merupakan salah satu destinasi wisata yang harus dikembangkan dan dilestarikan. Di kawasan Condet ini banyak tersimpan sejarah yang menjadi tempat wisata.

“Mulai awal Agustus kita akan memasang ornamen Gigi Balang di rumah atau toko dan bangunan lainnya yang berada di Jalan Raya Condet. Diharapkan ini dapat menambah keindahan dan kekhasan Condet sebagai destinasi wisata,” kata Iyan, Jumat (29/7).

Menurutnya, kawasan Jalan Raya Condet ini berada di tiga kelurahan. Yakni Cililitan, Batu Ampar dan Balekambang. Masing-masing kelurahan, ada sekitar 22 hingga 25 bangunan yang akan dipasangi list plang Gigi Balang. Panjangnya disesuaikan dengan panjang dari bangunan yang ada di jalan tersebut. Sasaran utamanya adalah bangunan yang memiliki list plang kayu di depannya. Karena jika bangunan beton atau tembok semua maka akan menyulitkan proses pemasangannya.

“Untuk pelaksanaan pemasangan, kita sudah sosialisasikan ke para pemilik bangunan, pengurus RT/RW, LMK yang ada di tiga kelurahan. Sosialisasi terakhir dilakukan pada Selasa (26/7) kemarin di RPTRA Udara Segar Batu Ampar. Hari ini kita sosialisasi di kantor Kelurahan Batu Ampar,” beber Iyan.

Disebutkan, titik pemasangan list plang Gigi Balang ini dimulai dari kawasan Masjid Al Hawi Cililitan hingga ke depan Asrama Rindam Jaya.

210