by

Camat Jonggol Minta Balon Kades Jaga Kondusivitas, Satu Keluarga Besar Desa Singasari

Berita Jonggol, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Tahapan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW) Desa Singasari memasuki tahap Seleksi tambahan. Sehingga Kamis, 29 September 2022, di Kantor Kecamatan Jonggol dilakukan tahapan seleksi tambahan bagi balon Kades Singasari yang berjumlah 5 orang tersebut.

Lima orang Balon Kades Singasari yang melakukan seleksi :

  1. Ading Junaedi, Bogor, 15-06-1966, Kp Cikaret RT 001 / RW 009
  2. Arnol Ardiansyah, Jakarta, 29-07-1991, Perum Citra Graha Prima Blok R 22 No 16, RT 003 / RW 014
  3. Edi Suryadi, Bogor, 04-02-1963, Kp Babakan Ngantai , RT 001 / RW 002
  4. Euis Sujana, 28-02-1991, Kp Cihaur RT 001 / RW 001
  5. Muhar, 08-07-1981, Kp Cikaret, RT 001 / RW 009

Camat Jonggol, Andri Rahman S.STP, M.Si menerangkan bahwa proses yang dilakukan hari ini wujud cerminan demokrasi dan antusiasme masyarakat Desa Singasari untuk memilih pemimpin desanya. Serta menjalankan amanat Perbup Kab Bogor No 66 dan jadwal waktu tahapan yang sudah disepakati oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu Desa Singasari.

Andri menjelaskan bahwa berdasarkan Perbup, hanya tiga balon Kades yang akan mengikuti pemilihan Kades, sehingga ada pengurangan balon menggunakan metode seleksi tambahan. Hari ini Panitia Pemilihan PAW Kades Desa Singasari menggelar pengujian dengan Pihak Kecamatan sebagai perpanjangan Pemkab Bogor untuk melakukan uji seleksi tambahan.

Ada dua hal kriteria yang dinilai, Pertama pengalaman bertugas di organisasi Pemerintahan, Lembaga Kemasyarakatan di Desa, tingkat pendidikan, dan usia; dan yang Kedua, kemampuan pengetahuan umum. Pihak Kecamatan melakukan pembekalan, penetapan tata tertib, melakukan penilaian dan merekapitulasi hasil penilaian. Hingga nanti akan diumumkannya 3 balon Kades yang akan lolos seleksi.

Camat Jonggol juga menjelaskan bahwa masa PAW atau masa bakti yang akan diemban oleh Kades terpilih Singasari hingga tahun 2025 atau dilaksanakannya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kab Bogor. Sementara pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungan suara akan dilaksanakan pada Minggu, 9 Oktober 2022.

Hal yang menjadi penekanan Andri, Balon Kepala Desa untuk diajak ikut menjaga kondusivitas suasana ketertiban Desa karena masih satu keluarga besar Desa Singasari. Sementara untuk masyarakat pun juga diberikan pesan yang sama oleh Camat Jonggol, untuk menjaga persatuan dan tali persaudaraan semakin erat.

Joner