by

15 Anggota Satpol PP Dapat Penghargaan, Bantu Korban Gempa Bumi Cianjur

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin, memberikan piagam penghargaan kepada 15 anggotanya yang ikut membantu korban gempa di Cianjur, Jawa Barat.

Menurut Arifin, 15 anggotanya ini ikut dalam misi kemanusiaan Pemprov DKI Jakarta. Mereka bergabung dengan personel dari organisasi perangkat daerah (OPD) DKI Jakarta lainnya, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan, Dinas Gulkarmat, Dinas Sosial, Dinas Kominfotik dan Baznas Bazis.

“Ini merupakan apresiasi atas kerja mereka selama bertugas, melakukan penanganan bersama tanggap darurat bencana gempa bumi di Cianjur,” ujar Arifin, usai Apel Operasi Ranjau Paku di Halaman Balaikota, Senin (28/11).

Dijelaskan Arifin, 15 anggotanya ini bertugas di daerah bencana sejak 22 hingga 25 November. Mereka berangkat dengan lima truk bermuatan bahan bantuan utuk penyintas gempa, seperti kasur, pelbet, selimut, pakaian, obat-obatan, bahan pangan, kebutuhan balita dan lain-lain.

Di lokasi bencana, ungkap Arifin, para anggota dibagi menjadi tiga grup (kelompok). Grup pertama bertugas untuk melakukan pencarian dan pertolongan bagi korban gempa, grup kedua bertugas untuk memberikan layanan kesehatan, trauma healing untuk anak-anak dan lainnya. Kemudian grup ketiga bertugas di dapur umum.

“Selama empat hari, anggota pada grup pertama menginfokan menemukan 14 korban tewas yang tertimpa puing bangunan,” ucapnya.

Disampaikan Arifin, pihaknya juga masih melakukan penggalangan donasi untuk penyintas gempa Cianjur. Setelah donasi terkumpul, pihaknya akan memberangkatkan kembali anggotanya untuk membantu warga yang membutuhkan.

“Harapan kita, semoga bencana ini cepat berlalu dan kondisi di sana kembali pulih. Partisipasi masyarakat juga dibutuhkan untuk terus saling membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan,” ungkapnya.

210