by

Tidak Ada Aparatur Hebat Tanpa Pelatihan yang Hebat

Berita Medan, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi diwakili Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumut Asren Nasution memimpin Upacara Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) angkatan II, III dan IV, serta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) angkatan III dan IV di halaman Kantor BPSDM Sumut, Jalang Ngalengko Nomor 1 Medan, Jumat (27/5)

Gubernur diwakili Kepala BPSDM Asren Nasution mengatakan, pelatihan kepemimpinan ini tidak saja memenuhi amanat Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang manajemen PNS dan PermenPan RB Nomor 22 tahun 2021 tentang pola karir PNS, namun lebih pada peningkatan kompetensi menuju ASN yang profesional, amanah serta adaptif menghadapi perubahan masa depan.

” Tidak ada negara hebat tanpa aparatur yang hebat, tidak ada aparatur yang hebat tanpa pelatihan yang hebat,” katanya.

Seluruh peserta juga diharapkan dapat menjadikan pendidikan dan pelatihan sebagai media untuk membangun profesionalitas, serta menegakdan etika, integritas, loyalitas dan kesetiaan tanpa batas selaku ASN.

Pembukaan pelatihan tersebut ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis kepada Andar Abdi Siregar selaku peserta PKA dan Nurhawasari peserta PKP. Adapun Kurikulum PKA terdiri dari agenda kepemipminan Pancasila dan nasionalisme, kepemipinan kinerja, manajemen kinerja, dan aktualisasi kepemimpinan.

Sedangkan Kurikulum PKP terdiri dari agenda kepemimpinan Pancasila dan bela negara, kepemimpinan pelayanan, pengendalian pekerjaan, aktualisasi kepemimpinan. Pelatihan kepemimpinan ini dilaksanakan mulai 27 Mei hingga 17 September 2022, dengan pola pembelajaran klasikal dan memanfaatkan media pembelajaran ASN unggul Simartabat.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 200 orang, dengan rincian 120 peserta PKA dan 80 peserta PKP yang berasal dari provinsi dan kabupaten/kota se Sumut.

Relhupeprosumut