by

Bupati Dan Kapolres Karo Langsung Tinjau Kebakaran RSUD Kabanjahe

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Gedung Logistik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabanjahe Kabupaten Karo tepatnya di jalan Letnan Selamat Ketaren, Kelurahan Gung Leto, Kecamatan Kabanjahe, pada Senin (28/11.2022) dilahap Api sekira pukul 17.15 WIB yang sempat membuat panik seluruh pasien dan Petugas Medis RSUD serta memacatkan arus lalulintas di depan rumah sakit tersebut.

Beberapa menit terjadinya kebakaran RSUD ini dan langsung diketahui oleh pihak pemadaman kebakaran (Damkar) milik Pemkab Karo, langsung gerak cepat bersama Armada Damkar dikerahkan ke lokasi. ” Kita dapat laporan dari warga masyarakat yang mengetahui kebakaran sekira pukul 17.20 WIB, lalu team kita langsung bergerak,” ujar Kakan Satpol-PP Karo melalui Kabid Pemadam Kebakaran Teguh Karya Purba ke olnewsindonesia.com

Mengetahui peristiwa kebakaran ini Kapolres Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar SH, SIK, MH dan Bupati Karo Cory Sebayang bersama Personil juga langsung menuju lokasi guna melihat kebakaran yang mana pihak Damkar, personil Polres Karo dan Satpol-PP Karo bersama-sama memadamkan Api yang menghanguskan ruang perlengkapan/tempat penyimpanan perlengkapan dan alat alat medis rumah sakit tersebut.

Diketahui dari keterangan saksi, kebakaran bermula saat Petugas rumah sakit A. Syahputra Perangin angin melihat asap keluar dari ruang Perlengkapan Rumah sakit Umum, kemudian saksi memanggil rekannya langsung berupaya melakukan pemadaman dengan menggunakan racun api, namun api tidak padam dan semakin membesar hingga membakar ruangan.

Nah, sekira pukul 17. 25 WIB, 4 (empat) unit Mobil Pemadam Kebakaran tiba di lokasi kejadian dan langsung melakukan pemadaman api dibantu Personil Polres Tanah Karo dan Satpol PP Pemda Karo, hingga api berhasil dipadamkan pada pukul pukul 17.45 WIB.

Akibat dari kebakaran tersebut tidak ada menimbulkan korban jiwa, namun 3 Petugas pemadam mengalami luka saat berusaha memecahkan kaca guna memudahkan untuk memadamkan api. Kerugian materil juga belum bisa diperkirakan pihak Rumah Sakit.

Kapolres mengatakan, pihaknya telah mengamankan status quo TKP kebakaran dan telah memasang police line guna kepentingan penyelidikan.

“Api berhasil ditangani dengan baik oleh Pemadam Kebakaran, dan untuk selanjutnya kita akan mengundang Tim Bidlabfor Polda Sumut guna menyelidiki penyebab kebakaran,” kata Kapolres.

Lanjutnya, ia mengatakan belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut terkait penyebab kebakaran karena masih dalam penanganan penyelidikan. Dan saat ini Listrik di Rumah Sakit Umum Kabanjahe masih padam namun kegiatan pelayanan Rumah Sakit masih berjalan.

(David)