by

Bupati Karo Prediksikan Di Tahun 2019,Jabatan Strategis Dalam Lingkup DPRD Karo Di Pegang Kaum Perempuan

Berita Karo.OLNewsindonesia,Minggu(28/04)

Perayaan hari Kartini yang seyogianya diperingati secara serentak seluruh Indonesia setiap pada tanggal 21 April. Namun di lingkungan pemerintah Kabupaten Karo, peringatan hari Kartini ke- 140 tahun 2019 ini dilaksanakan, Sabtu (27/04) 2019 pukul 10.00 WIB di Gedung Pendopo jalan Veteran Kabanjahe.

Bupati Karo Terkelin Brahmana mengemukakan dengan Momentum peringatan hari Kartini Ini diharapkan para perempuan Indonesia khususnya perempuan di Kabupaten Karo, semakin kuat dan tangguh serta bijaksana, baik sebagai seorang Istri , seorang Ibu , seorang karyawati maupun sebagai seorang masyarakat yang baik dan berkepribadian, ” ujarnya.

Memandang situasi di Kab . Karo Kartini sudah cukup berprestasi, kenapa saya katakan demikian? , dimana saat sekarang ini dapat kita lihat ada sebagai ketua DPRD Karo dan wakil ketua DPRD Karo serta duduk sebagai anggota DPRD Karo, didominasi kalangan kaum perempuan.

Ket foto  : Bupati Karo Terkelin Brahmana SH saat memotong tumpang dalam acara memperingati hari Kartini ke 140 tahun di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karo Kabanjahe, Sabtu (27/04) 2019
Ket foto : Bupati Karo Terkelin Brahmana SH saat memotong tumpang dalam acara memperingati hari Kartini ke 140 tahun di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karo Kabanjahe, Sabtu (27/04) 2019

Jumlahnya cukup lumayan, Ini menandakan kaum perempuan sudah memiliki hak yang sama kesetaraan dengan laki laki, dalam bidang pemerintahan, ” terang Terkelin Brahmana .

Seandainya prediksi saya tahun 2019 ini jabatan strategis dalam lingkup DPRD Karo dipegang kaum perempuan, bayangkan seumpama ketua dan wakil ketua DPRD Karo ditambah wakil Bupati Karo saat sekarang ini dari kaum perempuan , hitung hitung jika rapat berlangsung di DPRD Karo saya dikelilingi Kartini Kartini yang luar biasa, ” ucap Bupati dan langsung disambut dengan tepuk tangan para tamu undangan yang hadir.

Untuk itu, saya minta kepada panitia agar tahun – tahun berikutnya kegiatan seperti ini lebih semarak dan meriah lagi, kalau bisa tepat waktu, jangan saat sekarang ini sudah lewat waktunya baru diperingati, akhirnya kurang sinkronisasi, namun demikian bukan berarti mengurangi makna , alangkah bagusnya tahun akan datang panitia tepat waktu dan libatkan semua organisasi kaum perempuan di Kab Karo ini, ” tandasnya.

Sementara ketua umum panitia hari Kartini Ny. Sariati Terkelin Brahmana menyampaikan terimakasih dukungan dari Pemkab Karo, Forkopimda, stakeholder dan pemangku kepentingan lainnya, sehingga terselenggaranya acara ini dengan meriah dan sukses, ” katanya.

Lanjutnya lagi , pelaksanaan hari Kartini Ke -140 tahun 2019 ini memaknai dengan tema “Mewujudkan Wanita Yang Sehat dan Tangguh di Era Ekonomi Digital ”. Dalam menghadapi Era Ekonomi Digital Ini peran kita para perempuan /Ibu harus dapat meningkatkan Kualitas Keluarga melalui peningkatan kesehatan Keluarga , sehingga tercipta generasi millenial yang sehat dan tangguh, ” ucap Sariati.

Sedangkan, panitia penyelenggara hari Kartini kepala dinas PPPA Kab . Karo dr Hartawati Br Tarigan menerangkan, sebelumnya (26/04) 2019 melalui kegiatan Bhakti Sosial secara langsung kami lakukan, sudah menyentuh kaum perempuan dan anak-anak khususnya, saya akan berusaha untuk tahun berikutnya perayaan hari Kartini lebih berperan aktif lagi memunculkan karya Inovasi melalui kelompok kelompok organisasi perempuan dalam meningkatkan produk -produk Industri Rumahan dan Modern untuk meningkatkan ekonomi keluarga, ” ucapnya.

Kedepan, kegiatan ini akan lebih semarak lagi kita lakukan, sesuai saran, masukan dan dorongan dari unsur penyelenggara pemerintah daerah, stakeholder dan pemangku kepentingan lainnya tadi,kiranya di tahun 2020 durasi acara diadakan selamai 2 atau 3 hari, menjadi atensi dan referensi kami selaku panitia, “imbuhnya.

Usai acara dilakukan pemotongan tumpeng kue oleh Bupati Karo dan diberikan kepada ketua umum panitia hari Kartini Ny. Sariati Terkelin Brahmana, sebagai simbol memperingati hari Kartini ke-140 di Kab . Karo disaksikan Ketua Persit Dim 0205 /TK, Ny. Taufik Rizal, Ketua Persit 125/Smb Ny. Anjuanda Pardosi, Ketua Bhayangkara, Wadanyon 125/Smb,Pasi Pers Dim 0205/TK Kapten Inf Bangkit Hutahean, Pengadilan Negeri Kabanjahe, para OPD Kab . Karo, dan para Ketua organisasi perempuan Se-Kab Karo.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.