by

Pj Gubernur DKI Harapkan Penataan Kawasan Lebih Luas Di Jakarta

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengapresiasi 17 kelurahan yang berupaya mewujudkan penataan kawasan hijau. Apresiasi dilakukan dengan pemberian piagam penghargaan “Penataan Kawasan Terbaik Tingkat Kelurahan Tahun 2023” kepada para Lurah di Balai Kota, Jakarta Pusat, pada Rabu (25/1).

Upaya penataan tersebut tengah digencarkan Pemprov DKI Jakarta sebagai upaya penghijauan kawasan dengan memanfaatkan lahan yang tersedia, khususnya aset milik pemerintah.

Pj Gubernur Heru mengungkapkan, pemberian penghargaan ini bukanlah akhir dari sebuah upaya, namun merupakan babak baru dalam mempertahankan kinerja dengan merawat penataan kawasan hijau tersebut.

“Ini adalah momen untuk memberikan semangat, contohnya yang di (Kelurahan) Kembangan Selatan, ternyata ada aset milik pemerintah daerah. Kita meminta kawasan tersebut untuk dilakukan perawatan yang intensif, sehingga kembali tertata dengan baik,” ujar Pj Gubernur Heru, dalam Siaran Pers PPID Pemprov DKI Jakarta.

Selain itu, Pj Gubernur Heru menegaskan, penataan ini harus dilakukan secara bersinergi antarperangkat daerah.

“Selain itu, juga harus ada inisiatif (untuk melakukan penataan) tanpa harus diminta. Saya berharap ke depan makin banyak kelurahan yang melakukan penataan melebihi saat ini (17 kelurahan yang mendapatkan penghargaan),” tambahnya.

Pj Gubernur Heru turut menambahkan, ia akan terus memonitor seluruh wilayah administratif untuk memastikan perawatan kawasan hijau terus dilakukan. Dalam hal ini, Pj Gubenur Heru menginstruksikan setiap Lurah dan Camat untuk selalu bersinergi agar segala potensi lahan yang bisa dilakukan penghijauan bisa direalisasikan.

“Saya akan keliling melihat bagaimana kita menunjukkan proses perawatan lahan hijau. Selain itu berbagai lahan yang ada (potensi) untuk penghijauan, harus kita kelola agar Jakarta terlihat semakin asri dan hijau,” jelas Pj Gubernur Heru.

Di samping itu, Pj Gubernur Heru meminta masing-masing Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Sudin Tamhut) di enam wilayah administratif untuk mencari dua lokasi untuk ditata ulang sebagai kawasan hijau. Sebab kawasan hijau tersebut juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai lahan untuk pemberdayaan ketahanan pangan.

“Saya meminta masing-masing Sudin Tamhut untuk menata dua taman di wilayahnya sebagai bagian dari revitalisasi. Selain kota kita semakin hijau, juga bisa diberdayakan untuk program ketahanan pangan bagi warga Jakarta,” tandas Pj Gubernur Heru.

Perlu diketahui, 17 kelurahan yang meraih apresiasi dalam penataan kawasan tingkat kelurahan untuk Tahun 2023 sebagai berikut:

  1. Kelurahan Kampung Bali
  2. Kelurahan Pegangsaan
  3. Kelurahan Paseban
  4. Kelurahan Pademangan Timur
  5. Kelurahan Kelapa Gading Timur
  6. Kelurahan Rawa Badak Utara
  7. Kelurahan Kebon Jeruk
  8. Kelurahan Semanan
  9. Kelurahan Kembangan Selatan
  10. Kelurahan Pesanggrahan
  11. Kelurahan Menteng Dalam
  12. Kelurahan Srengseng Sawah
  13. Kelurahan Jatinegara
  14. Kelurahan Duren Sawit
  15. Kelurahan Kayu Manis
  16. Kelurahan Pulau Pari
  17. Kelurahan Pulau Panggang

210