by

Dinas KPKP DKI Gelar Panen Raya Di Hari Gizi Nasional

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta bersama dengan PT PLN (Persero), Rabu (25/1), memperingati Hari Gizi Nasional dengan menggelar panen raya di lahan Smart Farming Green Puspa, Jalan Kramat Asem RT 01/06 Utama Kayu Selatan (UKS), Matraman, Jakarta Timur.

Panen dihadiri Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati, Kasudin KPKP Jakarta Timur Ali Nurdin, Camat Matraman Bambang Pangestu dan General Manager PT PLN Distribusi Jakarta Raya, Dody Pangaribuan.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, urban farming di RT 01/06, Kelurahan Utan Kayu Selatan ini dalam perawatannya menggunakan teknologi terbarukan dengan tenaga listrik. Teknologi ini bisa dikembangkan di mana saja, termasuk di gang sempit sekalipun.

“Hari ini, kami panen 34 kilogram sayuran Pakcoy dan 28 kilogram ikan Nila. Hasil panen langsung dijual ke warga sekitar,” kata Elly.

Menurut Elly, dalam melakukan percepatan pembangunan pertanian perkotaan ada empat manfaat yang didapat masyarakat . Yakni, interaksi atau hubungan emosional satu sama lain. Kemudian lingkungan menjadi bersih, mengarahkan perilaku anak melakukan kegiatan positif, serta membuat masyarakat sehat karena rutin beraktivitas.

“Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PT PLN yang peduli terhadap pembangunan pertanian perkotaan,” ucap Elly.

Apresiasi juga diutarakan Camat Matraman, Bambang Pangestu. Dia berharap, teknologi yang diterapkan di lahan urban farming RT 01/06 UKS ini bisa memberi manfaat bagi masyarakat.

“Hasil panen ikan setiap bulan, sebagian dijual ke warga. Sebagian didistribusikan ke posyandu untuk program peningkatan gizi Balita dan Lansia,” bebernya.

General Manager PT PLN Distribusi Jakarta Raya, Dody Pangaribuan mengungkapkan, pihaknya memberikan suport pada kelompok tani di wilayah RT 01/06 Kelurahan UKS. Yakni berupa teknologi Internet off Things (IOT), rak hidroponik dan lainnya..

“Kegiatan urban farming di sini menggunakan teknologi smart farming yang dilengkapi dengan fasilitas IOT,” ungkap Dody.

Menurut Dody, pihaknya sangat peduli terhadap program urban farming karena dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta perbaikan gizi anak dan mencegah stunting.

Sementara, Ketua Kelompok Tani Green Puspa yang juga Ketua RT 01/06 Kelurahan UKS, Zulfikar Kusdarmawan menjelaskan, penjualan hasil panen hari ini total mencapai Rp 5 juta.

“Uangnya kami gunakan untuk operasional,” tandasnya.

210