by

Event Sail Tidore Expo 2022 Diikuti Disparekraf DKI Untuk Promosi Pariwisata Jakarta

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta melakukan promosi pariwisata Jakarta melalui event Sail Tidore Expo 2022 yang mengangkat tema “Tidore Kota Warisan Dunia, Perekat Bangsa Bangsa”.

Kegiatan itu dilaksanakan di kawasan Pantai Wisata Tugulafa, Tidore Kepulauan, Maluku Utara pada 24-29 November 2022.

Kegiatan Sail Tidore Expo 2022 merupakan kelanjutan dari kegiatan Sail Indonesia yang telah dilaksanakan beberapa tahun sebelumnya, yang diawali Sail Bunaken 2009 di Manado, Sulawesi Utara.

Sail Indonesia merupakan program pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mengenalkan pariwisata Indonesia ke mata dunia. Puncak event bertaraf internasional ini rencananya akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia pada 26 November 2022.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan, kegiatan ini sangat strategis untuk diikuti oleh para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif Jakarta dengan pertimbangan Sail Tidore Expo 2022 sebagai platform untuk mempertemukan komunitas ekonomi kreatif Binaan Kementerian/Lembaga, BUMN/BUMD, dan Pemerintah Daerah.

“Di mana hal ini merupakan potensi besar untuk mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Jakarta khususnya Wisata Urban dan Wisata Alam Kepulauan Seribu. Sehingga diharapkan pada akhirnya bisa meningkatkan kunjungan wisatawan nusantaran maupun mancanegara,” ujar Andhika dalam keterangan tertulis, Jumat (25/11).

Ia mengatakan, pada Sail Tidore Expo tahun 2022, Pemprov DKI Jakarta melalui Disparekraf Provinsi DKI Jakarta turut berpartisipasi pada pameran dengan membangun booth yang didekorasi bertemakan wisata urban dan juga menampilkan produk-produk ekonomi kreatif khas Jakarta antara lain Batik Marunda, yang memiliki motif batik bertemakan pesisir dan produk-produk dari Bilalu Art yang merupakan pelaku ekonomi kreatif subsektor kriya yang berbahan baku kerang dan biota laut khas Kepulauan Seribu.

“Kepulauan Seribu telah masuk dalam 13 proyek baru yang ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) sebagaimana Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 9 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional (PSN),” tandasnya.

210