by

Enam PLTS Telah Dipasang Sudin Nakertransgi Jakpus Di Sekolah Negeri

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Sudin Nakertransgi) Jakarta Pusat telah memasang fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di enam sekolah negeri.

Pemasangan fasilitas ini untuk menghemat pemakaian listrik di gedung milik Pemprov DKI Jakarta.

Kepala Seksi Energi Sudin Nakertransgi Jakarta Pusat, Bambang Prayitno mengatakan, pihaknya telah memasang enam PLTS di gedung sekolah milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sejak tahun 2019 hingga saat ini.

“Pemasangan fasilitas PLTS untuk menghemat pemakaian listrik di gedung sekolah dan terobosan kampanye Pemprov DKI terhadap energi terbarukan tenaga surya,” ujar Bambang Prayitno, Senin (24/10).

Ia mengungkapkan, pemasangan PLTS mampu menghemat pemakaian listrik hingga mencapai 20 persen. Besaran pemasangan panel PLTS di sekolah berbeda antar sekolah. Di antaranya, kapasitas PLTS di SMPN 72 ini terpasang sebanyak 48 panel berkapasitas 15.000 watt.

“Arus listrik yang dihasilkan dari pemakaian PLTS dipergunakan untuk menghidupkan komputer, lampu dan pendingin ruangan di gedung pemerintah,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pihaknya akan membangun PLTS di kantor kelurahan, kecamatan dan rumah ibadah setelah sekolah negeri di Jakarta Pusat telah rampung terpasang.

“Tidak menutup kemungkinan PLTS ini juga akan dipasang di rumah ibadah seperti masjid, gereja dan lainnya,” katanya.

Sementara Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana SMPN 72, Tio Donda menambahkan, pihaknya senang atas dipasangkan fasilitas PLTS oleh Sudin Nakertransgi Jakarta Pusat.

“Semoga setelah PLTS terpasang dapat efektif mengurangi beban listrik di sekolah,” tandasnya.

Jmy