by

Kolong Tol Becakayu Pangkalan Jati Dihijaukan 350 Personel Gabungan

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Sebanyak 350 personel gabungan lakukan penghijauan di kolong Tol Becakayu wilayah RW 13 Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur, Minggu (23/10). Kegiatan dipimpin Wali Kota Muhammad Anwar.

Kegiatan yang diikuti Sekko Jakarta Timur Fredy Setiawan, Aspem Eka Darmawan, Asisten Ekbang Kusmanto, Camat Makasar, Kamal Alatas dan sejumlah pejabat terkait lainnya ini, diisi dengan membersihkan sampah, mengecat kanstin hingga menanam pohon Kamboja dan Tabebuya.

Menurut Muhammad Anwar, kegiatan penghijauan ini serempak dilakukan di 10 kecamatan, sesuai arahan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta.

“Kegiatan ini kolaborasi masyarakat dengan KKDM kontraktor Tol Becakayu,” kata Anwar.

Dikatakan Anwar, untuk tahap awal ada 150 pohon jenis Kamboja dan Tebabuya yang ditanam di kolong tol ini. Targetnya ada 2.000 pohon yang akan ditanam, termasuk umbi-umbian dan sayur mayur.

“Saya harap, lingkungan tetap hijau tertata rapi dan apik,” ucap Anwar.

Camat Makasar, Kamal Alatas menambahkan, kawasan kolong Tol Becakayu ini akan menjadi percontohan program penghijauan di wilayahnya. Untuk perawatan dan pengelolaan lahan hijau sepanjang 3,5 kilometer ini, pihaknya menyiapkan Satgas dan PPSU serta masyarakat sekitar.

“Satgas, PPSU dan warga kita libatkan semua untuk program penghijauan ini,” tuturnya.

Sementara, Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Djauhar Arifin mengungkapkan, selain 150 pohon Kamboja dan Tabebuya, pihaknya juga menanam sejumlah tanaman hias. Di antaranya adalah Pulo Kuning, Gandarusa Merah, Widelia dan Rumput Gajah.

“Targetnya dalam sepekan area ini sudah hijau,” tukas Djauhar.

Disebutkan, 350 petugas yang teribat dalam aksi penghijauan ini terdiri dari unsur kelurahan, kecamatan, Satgas Pertamanan dan Hutan Kota, UPK Badan Air, PPSU, Satgas SDA, Bima Marga. Kemudian Sudin Sosial, Sudin Perhubungan, dan unsur terkait lainnya.

Jmy