by

Hari Air Sedunia PT Tirta Sibayakindo Aqua Berastagi Lakukan Aksi Pungut Sampah Di DTW

Berita Karo, Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dalam memperingati Hari Air se-Dunia 2022 ke 30 Tahun yang jatuh pada tanggal 22 Maret kemarin pihak PT Tirta Sibayakindo dalam hal ini Pabrik AQUA Berastagi bekerjasama dengan berbagai pihak lakukan Aksi Bersih di salah satu Daerah Tujuan Wisata (DTW) Berastagi – Gundaling, Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo dengan thema “Bersama Kita Cegah Sungai Tercemar” pada Kamis (24/03.2022) yang dimulai pada pukul 09.20 WIB.

Dimana, kota Berastagi dan bukit Gundaling yang terletak di kaki gunung Sibayak merupakan tempat yang ramai didatangi pengunjung, terutama pada hari-hari libur, dari luar Karo seperti Medan, dan daerah-daerah lainnya. Panorama indah yang dilingkupi udara sejuk nan segar menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai sambil menikmati alam permai Berastagi.

Keindahan Bukit Gundaling tentu perlu dilestarikan, melalui aksi bersih lingkungan secara berkesinambungan dan dilakukan oleh semua pihak, seperti halnya yang dilakukan oleh Aqua Berastagi saat ini, Kamis (24.03.2022) dengan demikian proses kelestarian alam dapat menjadi tanggung jawab bersama dan berkelanjutan tentunya.

Nah, disini Pabrik AQUA Berastagi bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Karo, Cipta Fondasi Komunitas, Kelompok Wisata Gundaling, dan Komunitas Terra Simalem mengajak masyarakat dan para awak media di Berastagi melakukan aksi bersih dengan mengutip sampah. Mereka berjalan beramai-ramai sejauh 3,5 Km mengutip sampah di sepanjang jalan mulai dari Taman Mejuah-Juah Berastagi hingga Bukit Gundaling.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman sekaligus meningkatkan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dengan mengelola sampah dengan baik, sehingga sampah itu tidak terbuang  dan mencemari sungai,” kata Stakeholder Relations Manager Pabrik AQUA Berastagi Esron Siringo-ringo pada acara aksi bersih di Gundaling tersebut.

Peringatan Hari Air se-Dunia 2022 ini mendapat apresiasi dan dukungan sepenuhnya dari Pemerintah Kabupaten Karo, “Peringatan Hati Air se-Dunia 2022 ini menjadi momentum untuk menyebarkan kesadaran masyarakat melalui aksi untuk melestarikan sumber daya air air,”  demikian Sambutan Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang yang dibacakan oleh Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karo Radius Tarigan saat memberikan sambutannya.

Ditambahkan oleh Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang,” harapan kami acara ini mampu memberikan motivasi dan pemahaman terhadap kelestarian air dan lingkungan. Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk kita semua,
Saya mengajak seluruh yang hadir disini untuk secara aktif turut berpartisipasi dalam gerakan melestarikan Air serta mengedukasi masyarakat dalam melestarikannya. Dan harus kita ingat bahwa urusan pelestarian alam bukan lah masalah kecil karena menyangkut masa depan anak, cucu dan cicit kita, ” katanya.

Sementara itu, Camat Berastagi, David Sembiring menyampaikan,” bahwa semua yang kita lakukan Aksi Bersih Kutip Sampah ini, tentunya semua berawal dari kesadaran dari diri kita sendiri, dan terkait Bank sampah di Kecamatan Berastagi, nanti kita akan ber- koordinasi dengan pihak Dinas Lingkungan Lidup Kabupaten Karo,” katanya sembari ucapkan selamat hari Air Sedunia.

Salah satu mitra Aqua, Yayasan Cipta Fondasi Komunitas (CFK) yang ikut sebagai Panitia dan Pemandu acara kegiatan Mira menyampaikan,” tinggal bagaimana masyarakat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan cara ikut serta menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan masing-masing. Terlebih lagi masyarakat secara sadar dan mandiri melakukan kegiatan pengumpulan sampah khususnya sampah plastik diseputaran tempat tinggal dengan cara berkelompok,” ujarnya

Pantauan wartawan dilokasi, Peringatan Hari Air se-Dunia 2022 di Berastagi yang mengangkat tema “Bersama Kita Cegah Air Tercemar” tersebut dihadiri Plt Kadis LHK, Radius Tarigan Camat Berastagi David Sembiring, Perwakilan Camat Merdeka, para mitra PT Sibayakindo dan Komunitas-komunitas pencinta Lingkungan, masyaratkan dan para awak Media. Serta kegiatan ini diisi dengan edukasi tentang pengelolaan sampah dan Bank Sampah dari Komunitas Bank Sampah dengan tetap mengikuti Prokes Covid-19 yang ketat.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.