by

Delegasi Dewan Bisnis AS-ASEAN Diterima Presiden Joko Widodo

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima delegasi dari Dewan Bisnis AS-ASEAN atau US-ASEAN Business Council, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (24/08/2022). Dalam pertemuan tersebut, para delegasi mengapresiasi kepemimpinan Presiden Jokowi dalam menangani pandemi COVID-19 di tanah air.

“Pada umumnya mereka mengucapkan terima kasih atas kepemimpinan Bapak Presiden Jokowi dalam menangani kasus pandemi COVID-19,” ungkap Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dalam keterangan pers usai mendampingi Presiden pada pertemuan tersebut.

Selain itu, Bahlil menuturkan bahwa para delegasi juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kemudahan berusaha yang diberikan Pemerintah Indonesia, sehingga usaha mereka di Indonesia tetap berjalan meski dalam kondisi ketidakpastian global akibat pandemi.

“Itu dibuktikan dengan salah satu di antaranya pertumbuhan ekonomi kita 5,4 persen dan inflasi di bawah 5 persen. Rata-rata mereka semua mengapresiasi kepemimpinan Bapak Presiden sekalipun kita tahu dalam kondisi global, ekonomi global juga tidak terlalu baik,” kata Bahlil.

Pada pertemuan tersebut, Presiden juga mengundang para delegasi untuk menanamkan modal mereka dalam energi dan industri hijau yang saat ini menjadi perhatian Pemerintah Indonesia. Di samping itu, Kepala Negara juga mengajak delegasi untuk berinvestasi di sektor lain seperti kesehatan dan digital.

“Bapak Presiden tadi mengundang mereka juga untuk mempersilakan masuk ke Indonesia. Indonesia sekarang lagi masuk ke green energy, green industry. Kemudian juga Bapak Presiden mengajak mereka untuk investasi di sektor kesehatan, digital,” imbuhnya.

Selanjutnya, Bahlil menjelaskan bahwa dalam pertemuan juga dibahas mengenai langkah proaktif yang diambil apabila terjadi masalah teknis di lapangan. Menurut Bahlil, Presiden menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia akan melakukan langkah komprehensif dalam rangka menjaga kondisi investasi lebih baik.

“Tadi Bapak Presiden juga menyampaikan bahwa kita akan melakukan langkah-langkah komprehensif, terukur dalam rangka percepatan-percepatan dan kondisi investasi yang lebih baik,” ujarnya.

Lebih lanjut, Menteri Investasi menyebut bahwa Presiden Jokowi juga mengapresiasi investasi Amerika Serikat di Indonesia yang makin baik.

“Sekarang dalam data kami sudah nomor empat setelah Tiongkok,” tandasnya.

210