by

Brimob Turunkan Mobil Dapur di Lokasi Gempa

Berita Cianjur, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Brimob Polri menurunkan enam kendaraan khusus berupa mobil dapur lapangan (Ranpurlap) ke lokasi gempa 5,6 magnitudo di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Jabar). Dalam sehari, mobil tersebut mampu menyediakan 18 ribu porsi makanan siap saji.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengarakan, terdapat enam Ranpurlab Brimob Polri yang diturunkan ke Cianjur. Mobil itu disebar ke sejumlah wilayah terdampak gempa seperti Kampung Cariuk, Desa Mangungkerta, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, di posko utama pendopo, dan posko penanggulangan bencana Brimob di IBC Jalan Raya Cipanas-Cianjur.

“Tim Brimob sudah membentuk dapur umum untuk pemenuhan kebutuhan pangan para pengungsi, bentuknya food truck yang dalam satu kendaraan itu ada lima sampai 10 personel yang bertugas memasak,” tutur Dedi, dikutip Kamis (24/11/2022).

Menurut Dedi, setiap Ranpurlap dapat memproduksi 3.000 porsi makanan. Sehingga dalam satu hari keenam ranpurlap bisa menyediakan 18 ribu porsi makanan.

Dedi mengatakan, makanan yang disediakan Ranpurlap Brimob tersebut terdiri dari nasi dan lauk pauk, seperti telur dadar, ayam goreng dan mi goreng.

“Diupayakan, pemenuhan kebutuhan para pengungsi korban gempa akan diberikan secara maksimal,” ucap Dedi.

Selain untuk pengungsi, Dedi makanan dari Ranpurlap Brimob tersebut juga untuk personel Brimob yang diturunkan ke lapangan. Jajaran Brimob bertugas membantu evakuasi dan penyelamatan korban gempa.

Wilayah terdampak kerusakan parah tersebar di 12 kecamatan, yakni Kecamatan Cugenang, Kecamatan Cianjur, Warung Kondang, Kecamatan Cilaku, Kecamatan Sukaresmi, Kecamatan Cipanas dan Kecamatan Pacet, Kecamatan Karang Tengah, Kecamatan Gekbrong, Kecamatan Cibeber, Kecamataj Sukaluyu, Kecamatan Bojong Picung, Kecamatan Cikalong Kulon.

Dari laporan BMKG, gempa bumi terjadi pukul 13.21 WIB, Senin, 21 November 2022. Gempa berpusat di 10 km arah barat daya dari Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dengan kedalaman gempa 10 km. Gempa tidak berpotensi tsunami.

210