by

Volvo Uji Truk Bertenaga Hidrogen

Berita Otomotif, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Volvo Trucks mengumumkan telah mulai menguji truk pertama yang dilengkapi dengan sel bahan bakar bertenaga hidrogen. Perusahaan mengklaim truk memiliki jangkauan 1.000 km dengan sekali pengisian atau lebih dari 620 mil dan dibutuhkan kurang dari 15 menit untuk mengisi bahan bakar.

Volvo dan Daimler Truck mendirikan usaha patungan pada tahun 2021 yang memasok sel bahan bakar untuk truk. Volvo yakin sel bahan bakar bertenaga hidrogen sangat cocok untuk industri pengangkutan dan pengangkutan jarak jauh dan tugas berat. Perusahaan tidak beralih dari truk bertenaga baterai, itu hanya mengeksplorasi semua solusi yang mungkin.

“Kami telah mengembangkan teknologi ini selama beberapa tahun sekarang, dan rasanya luar biasa melihat truk pertama berhasil berjalan di trek uji. Kombinasi baterai listrik dan listrik sel bahan bakar akan memungkinkan pelanggan kami untuk sepenuhnya menghilangkan emisi gas buang CO 2 dari truk mereka, apa pun tugas transportasinya,” kata Roger Alm, Presiden Volvo Trucks.

“Truk listrik sel bahan bakar bertenaga hidrogen akan sangat cocok untuk jarak jauh dan tugas berat yang membutuhkan energi. Mereka juga bisa menjadi pilihan di negara-negara di mana kemungkinan pengisian baterai terbatas, ”ujar Roger Alm lagi.

Truk listrik sel bahan bakar akan memiliki jangkauan operasional yang sebanding dengan banyak truk diesel – hingga 1.000 km – dan waktu pengisian bahan bakar kurang dari 15 menit. Berat totalnya bisa sekitar 65 ton atau bahkan lebih tinggi, dan kedua sel bahan bakar tersebut memiliki kapasitas untuk menghasilkan 300 kW listrik onboard.

210