by

Upaya Meningkatkan Zero Halinar, Rutan Kabanjahe Gelar Razia

Berita Karo, Online News Indonesia, www.olnewsindonsia.com

Pantang kendor adalah slogan yang tepat bagi Rutan (Rumah Tahanan) Kabanjahe Kelas IIB Kanwil Kemenkumham Sumut sebagai upaya meningkatkan Zero Halinar menggelar razia seluruh ruangan WBP (warga binaan pemasyarakatan) pada Rabu, (23.03.2022) yang dimulai sekira pukul 13.00 WIB.

Yang mana Petugas Pengamanan Rutan Kabanjahe dibawah komando Plh.KPR Kamsen Bangun menggelar giat razia insidentil ke seluruh blok hunian WBP tersebut dengan target memberantas peredaran barang barang terlarang seperti Handphone, Senjata tajam, maupun Narkoba.

Hal ini sejalan dengan perintah harian Direktorat Jenderal Pemasyarakatan agar memastikan Rutan dan Lapas terbebas dari peredaran barang barang terlarang dengan melakukan razia/penggeledahan kamar dan blok hunian.

Kepala Rutan Kabanjahe Sangapta Surbakti mengatakan,” razia insidentil dilakukan dibawah pimpinan Plh. KPR Bapak Kamsen Bangun. Razia ini dilakukan selain sebagai bentuk pemberantasan barang terlarang, juga memberikan efek kejut kepada WBP yang mencoba untuk memiliki barang terlarang.

Lanjutnya lagi,”Masih ditemukan beberapa barang terlarang dalam giat razia ini, namun jika dibandingkan dengan hasil temuan di beberapa razia insidentil yang lalu, terjadi penurunan jumlah barang terlarang. Fungsi penguatan dan pengawasan akan terus dilakukan khususnya kepada jajaran petugas P2U, jadi Saya optimis Rutan Kabanjahe semakin Zero Halinar,” ucap Surbakti ini.

Dalam razia insiden ini, terlihat Petugas pengamanan mengamankan berupa Mancis (jenis korek Api_red), satu slot kartu remi dan kartu domino, serta mengamankan beberapa benda yang teridentifikasi dapat menyebabkan gangguan keamanan. Dan barang terlarang hasil razia insidentil ini kemudian di amankan serta di musnahkan dengan cara dibakar.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.