by

Gerebek Stunting Di Kebon Baru Tebet Digelar Sudinkes Jaksel

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Selatan menggelar Gerebek Stunting di salah satu rumah warga Jalan H. Barat, RT 07/06, Kebon Baru, Tebet.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan konvergensi aksi tujuh pengukuran dan publikasi stunting.

Kepala Sudinkes Jakarta Selatan, Yudi Dimyati mengatakan, kegiatan Gerebek Stunting di wilayah ini melibatkan petugas gabungan yang terdiri dari puskesmas, keluragan, kecamatan hingga kader posyandu.

“Gerebek Stunting dilakukan untuk memvalidasi kembali pengukuran berat badan dan tinggi badan balita yang sebelumnya sudah dilakukan di posyandu,” ujarnya, Kamis (22/9).

Yudi menjelaskan, dalam kegiatan ini, petugas kembali melakukan pengecekan asupan gizi balita apakah sudah sesuai aturan atau sebaliknya.

Termasuk menimbang dan mengukur tinggi balita serta mengecek kebersihan dalam rumah dari mulai kamar mandi, sanitasi, dapur dan lain sebagainya.

Melalui kegiatan ini, petugas dapat mengetahui penyebab masalah gizi balita seperti kebiasaan makan, pola hidup bersih dan sehat, pola asuh, status kesehatan, status imunisasi, sanitasi lingkungan, pengetahuan pengasuh ataupun status ekonomi keluarga.
“Hasil kegiatan ini akan dijadikan data dasar dalam merencanakan program intervensi masalah gizi demi mengurangi kasus stunting di Jakarta Selatan,” tandas Yudi.

210