by

Bupati Samosir Hadiri Puncak Perayaan Tahun Baru Batak “Artia Sipaha Sada” 2023

Berita Samosir, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST didampingi Asisten II Hotraja Sitanggang, Kadis Budpar Tetty Naibaho, Kadis Kominfo Immanuel TP. Sitanggang, Camat Simanindo Hans Sidabutar menghadiri puncak perayaan Tahun Baru Batak “Artia Sipaha Sada” 2023 yang digelar di Lapangan Sabas, Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Rabu (22/3).

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Pangdam I/BB yang diwakili oleh Kapok Staf Ahli Brigjend TNI. David Hutagaol, Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas Marroha Sinaga dan Nasib Simbolon, Anggota DPRD Samosir Wisnu Sidabutar, Forkopimda, mewakili Panusunan Lubis Mandailing, Prodi Sastra Batak USU Jekmen Sinulingga, Direktur Opera Batak (Plot) Thomson AS. Hutasoit, Ketua Pusat Studi Sejarah, Budaya dan Kearifan Lokal UISU Dr. Dahlena Sari Marbun, Ketua Yayasan Martondi Heritage Indonesia Tondi Rangkuti, Cicit Raja Sisingamangaraja XII Sutan Oloan Sinambela, dan beberapa tokoh perwakilan dari 6 puak Batak.

Rangkaian Perayaan Tahun Baru Batak Artia Sipaha Sada 2023 digelar sejak tanggal 20 s.d 22 Maret 2022, diisi dengan Festival Seni dan Budaya yakni perlombaan Martumba, Fashion Show, Tortor Tradisi, Tortor Kreasi, Pamitta Gondang dan Mangandung. Juga Festival Olahraga Rakyat yakni Mardoton, Lomba Solu Parsada-sadaan, Marlange, Marhonong, Marikkat dan Marsatur.

Acara puncak Taon Baru Batak Artia Sipaha Sada pada Rabu (22/3), dimulai pukul 18.00 sore sesuai pergantian hari Batak dengan menyalakan meriam bambu dan membungikan sirine dan klakson secara bersahut-sahutan.

Ketua Panitia, Harry Bos Sidabutar dalam laporannya menyampaikan bahwa perayaan ini merupakan tahun kedua perayaan Artia Sipaha Sada. Tahun Baru Batak Artia Sipaha Sada akan terus dirayakan setiap tahun sebagai bentuk mengangkat kembali warisan budaya Batak, seraya berharap pemerintah menjadikan Taon Baru Batak menjadi hari libur nasional.

Dikatakan, ide perayaan Tahun Baru Batak digagas sejak beberapa tahun lalu olehnya bersama dengan beberapa tokoh pegiat budaya Batak.

“Pada perayaan Artia Sipaha Sada, kita memiliki ciri khas tersendiri yakni menikmati makanan khas Batak, Nahinopingan dan Itak Gurgur”, ujarnya.

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST dalam sambutannya menyampaikan selamat merayakan Tahun Baru Batak Artia Sipaha Sada 2023. Perayaan ini merupakan salah satu kegiatan mengangkat warisan budaya, kearifan lokal, adat istiadat yang telah berakar yang diwariskan oleh leluhur.

Pada masa era modernisasi dan teknologi yang tumbuh pesat saat ini, kita harus tetap bisa melestarikan budaya sehingga tidak luntur dan hilang begitu saja.

“Kita dapat merayakan ulaon Artia Sipaha Sada hari ini, karena masih ada pemerhati, pecinta dan pelaku budaya yang dengan berani mengangkat kembali kearifan lokal”, lanjutnya.

Perayaan ini, diharapkan menjadi sarana silaturahmi seluruh suku Batak, menumbuhkan rasa cinta akan budaya bagi generasi muda, mengembangkan pariwisata dan berkontribusi positif pada perekonomian masyarakat lokal.

“Saya atas nama pemerintah menyampaikan selamat dan sukses kepada panitia penyelenggara, dan selamat Tahun Baru Batak kepada seluruh suku Batak dimanapun berada” kata Bupati Vandiko.

Mewakili Pangdam I/BB, Kapok Staf Ahli Brigjend TNI. David Hutagaol menyampaikan apresiasi atas perayaan Tahun Baru Batak.

“Ini merupakan tonggak sejarah dan suatu proses yang sangat baik. Saya pribadi, merasakan suatu kehormatan dan kebanggaan bisa merayakan bersama-sama saat ini”, katanya.

Acara puncak perayaan Tahun Baru Batak Artia Sipaha Sada 2023, juga diisi dengan hiburan dengan penampilan dari Marsada Band, Nabasa Trio, Divamora Sister, Jajabi Band & Sandro dan LA Band.

(Polhut)